Studi komparasi prestasi belajar PAI antara siswayang berasal dari SD dengan siswa yang berasal dari MI (studi kasus di SMP N 2 Kedungwuni Pekalongan kelas vii)

Imamudin, Rizqi Maulana (2020) Studi komparasi prestasi belajar PAI antara siswayang berasal dari SD dengan siswa yang berasal dari MI (studi kasus di SMP N 2 Kedungwuni Pekalongan kelas vii). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam antara Sekolah Dasar (SD) dengan Madrasah Ibtidaiyah (MI) memiliki alokasi waktu yang berbeda. Sekolah Dasar hanya memberikan pendidikan agama Islam 3 jam pelajaran dalam satu minggu, sedangkan untuk lembaga pendidikan agama seperti Madrasah Ibtidaiyah memberikan pengajaran pendidikan agama Islam sebagai mata pelajaran yang sekurang-kurangnya 30%. Dengan adanya perbedaan alokasi waktu pembelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut, bagaimanakah hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP. Apakah siswa yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah akan memperoleh prestasi belajaryang lebih baik dibanding siswa yang berasal dari Sekolah Dasar, karena dilihat dari latar belakang sekolahnya yang berbasis agama. Atau mungkinkah dengan IQ yang di miliki dan juga pengetahuan yang mereka dapat diluar pembelajaran, siswa yang berasal dari Sekolah Dasar dapat mencapai prestasi yang lebih tinggi. Penelitian ini mengkaji bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang berasal dari SD di SMP N 2 Kedungwuni ?, Bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang berasal dari MI di SMP N 2 Kedungwuni?, dan Apakah terdapat perbedaan yang signifikan terkait prestasi belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa yang berasal dari SD dan MI di SMP N 2 Kedungwuni ?. kegunaan atau manfaat dari penelitian yang diperoleh dari penemuan penelitian ini adalah memberikan deskripsi tentang bagaimana perbandingan prestasi belajar siswa yang berasal dari SD dengan siswa yang berasal dari MI di SMP N 2 Kedungwuni Pekalongan. Metode penelitian, meliputi desain penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulandatamenggunakantes, disamping itu untuk memperoleh gambaran tentang lokasi penelitian, diambil data dari Staf Tata Usaha (TU). PopulasiseluruhsiswakelasVII SMPNegeri2 KedungwuniKabupaten Pekalongan sebanyak 253siswadiambilsampelsebanyak 15%yaitu 37,95 dan degenapkan menjadi 38. Dari38 siswa tersebut diantaranya terdiridari19siswa lulusan Sekolah Dasar dan 19siswa lulusanMadrasahIbtidaiyah. Hasilpenelitian inimenyatakanbahwatidak terdapatperbedaanyang signifikanpadahasilbelajarsiswa lulusan Sekolah Dasar dengan siswa lulusan MadrasahIbtidaiyahpadamata pelajaranPendidikanAgamaIslam dibuktikandariperolehanhasilperhitunganuji“t”hipotesisnihilditerimadan Hipotesis alternatifditolak, dapatdiketahuit_0lebihkecildaripadattabelpadatarafsignifikansi5%maupun padatarafsignifikansi1% yaitu 2,021>-1,13<2,704. HasilyangdiperolehdariperhitunganantaravariabelXdanVariabelYberadapadanilai-1,13denganinterpretasidatatidakterdapatperbedaanyang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyadi, Mokh ImronUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 08 Jun 2021 06:22
Last Modified: 08 Jun 2021 06:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1416

Actions (login required)

View Item View Item