Fajar, Malik (2025) Efektifitas Model Pembelajaran Auditory, Intellectually And Repetition (Air) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Man 1 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2618010_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2618010_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2618010_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Fajar, Malik. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran auditory, Intelectually and Repetition (AIR) dalam meningkatkan Prestasi belajar siswa kelas X MAN 1 Kota Pekalongan. Skripsi Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Umi Mahmudah, M.Sc, Ph.D. Kata Kunci: Model Pembelajaran auditory, Intelectually, Repetition, Prestasi Belajar Model pembelajaran kooperatif perlu diimplementasikan ke dalam pembelajaran dikarenakan model ini dapat mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh siswa. Salah satu tipe model kooperatif ialah model auditory, intellectually and repetition (AIR). Model auditory, intellectually and repetition (AIR) dapat membantu siswa menguasai materi matematika yang dianggap sulit. Disamping itu, model pembelajaran auditory, intellectually and repetition (AIR) dapat menjaga perhatian siswa pada proses pembelajaran sehingga semua siswa dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik pribadi yang dimiliki siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang rendah dikarenakan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan kurang mengikutsertakan siswa ke dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan model auditory, intellectually and repetition (AIR) dan setelah menerapkan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Exsperimental dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya siswa kelas X MAN 1 Kota Pekalongan tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Samplin. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan tes. Serta analisis data yang digunakan adalah dependent sample t-test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil post test memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibanding dengan hasil pre test. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan Independent Sample t-test diperoleh t hitung = 2,890 dan nilai t table = 1,666 maka t hitung t table. Sehingga xi ditolak dan diterima. Maka dapat dikatakan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas pre test dan post test. Oleh karena terdapat perbedaan hasil belajar tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran auditory, intellectually and repetition (AIR) efektif terhadap hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran auditory, Intelectually, Repetition, Prestasi Belajar | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 06:34 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 06:34 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14167 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |