Implementasi salat berjama’ah dalam mengembangkan kecerdasan spiritual remaja di panti asuhan wisma rini ‘Aisyiyah kota Pekalongan

Dina, Sabila (2020) Implementasi salat berjama’ah dalam mengembangkan kecerdasan spiritual remaja di panti asuhan wisma rini ‘Aisyiyah kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Peneliatan ini melatar belakangi adanya kecerdasan spiritual bagi remaja di panti Asuhan Wisma Rini Aisyiyah Kota Pekalongan yang ditunjukan dengan adanya rasa tanggung jawab terhadap sholat berjamaah dalam mengembangkan kecerdasan spiriual remaja. Hal tersebut membuktikan adanya implementasi sholat berjamaah dalam mengembangkan kecerdasan spiritual remaja di Panti Asuhan Wisma Rini Aisyiyah Kota Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi sholat berjamaah dalam mengembangkan kecerdasan spiritual remaja di Panti Asuhan Wisma Rini Aisyiyah Kota Pekalongan? Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan spiritual remaja di Panti Asuhan Wisma Rini Aisyiyah Kota Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi sholat berjamaah dalam mengembangkan kecerdasan spiritual remaja di Panti Asuhan Wisma Rini Aisyiyah Kota Pekalongan?. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat salat berjamaah dalam mengembangkan kecerdasan spiritual remaja di Panti Asuhan Wisma Rini Aisyiyah Kota Pekalongan?. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai sumbangan pemikiran dalam dunia pendidikan dan sebagai referensi bagi para peneliti yang lain. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ini adalah Panti Asuhan Wisma Rini Aisyiyah Kota Pekalongan. Sumber data primer penelitian ini adalah pengurus dan pengasuh. Sumber data sekunder penelitian ini adalah dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengasuh panti sudah dapat mengembangkan kecerdasan spiritual remaja di panti asuhan wisma rini ‘asiyiyah kota pekalongan yaitu 1). Menumbuhkan sikap kasih sayang, saling menghargai atau toleransi, religius sehingga menghasilkan generasi muda yang bertanggung jawab, mempunyai ketahanan mental yang kuat, serta beriman dan bertaqwa kepada Allah swt. 2). Menumbuhkan rasa ingin tahu pada diri remaja. 3). Menumbuhkan rasa percaya diri pada remaja. 4). Mengajarkan remaja untuk ikhlas dan bersyukur. 5). Mengajak remaja untuk mengikuti kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial.Faktor pendukung dan penghambat Implementasi shalat berjamaah dalam mengembangkan kecerdasan spiritual remaja di panti asuhan wisma rini aisyiyah kota pekalongan antara lain: Faktor pendukung yaitu 1). Remaja sudah memiliki potensi-potensi spiritual seperti rasa ingin tahu, empati, jujur, dan ceria. 2). Remaja sudah mnegerti tentang kebaikan dan sudah bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Sedangkan faktor penghambat yaitu 1). kurangnya disiplin remaja. 2). Kurangnya kemauan remaja untuk belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIndrawati, TrianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sholat Berjamaah dan Mengembangkan Kecerdasan Spiritual
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 08 Jun 2021 06:31
Last Modified: 08 Jun 2021 06:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1418

Actions (login required)

View Item View Item