Agustin, Alvina (2025) Pengaruh Fluktuasi Harga Emas, Pengetahuan, dan Promosi terhadap Minat Nasabah pada Produk Tabungan Emas di Pegadaian Cabang Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4118063_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
4118063_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
4118063_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya minat masyarakat terhadap investasi, khususnya produk tabungan emas di Pegadaian, sebagai alternatif menghadapi gaya hidup konsumtif dan ketidakpastian ekonomi. Berdasarkan Theory of Planned Behavior (TPB) yang dikembangkan oleh Icek Ajzen, minat individu dalam mengambil keputusan keuangan termasuk berinvestasi dipengaruhi oleh sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku. Minat nasabah dalam berinvestasi dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk fluktuasi harga emas, tingkat pengetahuan investasi, dan efektivitas promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap minat nasabah produk tabungan emas di Pegadaian Cabang Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner kepada 82 responden yang merupakan nasabah tabungan emas. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan memakai rumus slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fluktuasi harga emas, pengetahuan, dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan. Uji F menunjukkan bahwa secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah. Koefisien determinasi sebesar 28,5% mengindikasikan bahwa fluktuasi harga emas, pengetahuan, dan promosi secara bersama-sama menjelaskan variabel minat nasabah, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini memberikan implikasi strategis bagi Pegadaian dalam meningkatkan efektivitas promosi dan menyikapi dinamika harga emas, serta mendorong peningkatan edukasi investasi bagi masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Fluktuasi Harga Emas, Pengetahuan, Promosi, Minat Nasabah, Tabungan Emas, Pegadaian. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:52 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 04:52 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |