Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an melalui kegiatan ekstrakurikuler BTQ pada siswa kelas ix di SMP N 2 Kedungwuni

Alif, M. Nur (2025) Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an melalui kegiatan ekstrakurikuler BTQ pada siswa kelas ix di SMP N 2 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121061_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121061_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2121061_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Peran merupakan salah satu aspek yang bersifat dinamis merujuk pada tindakan dan perbuatan orang yang menduduki jabatan serta menjalankan tanggung jawab sesuai dengan jabatannya. Guru agama Islam mempunyai peran kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an. Kegiatan ekstrakurikuler BTQ merupakan kegiatan wajib bagi siswa kelas IX di SMP N 2 Kedungwuni. Hal tersebut dilatar belakangi oleh kemampuan siswa kelas IX di SMP N 2 Kedungwuni dalam membaca Al-Qur‟an masih kurang lancar serta tidak sesuai ilmu tajwid dan makhraj hurufnya. Uraian latar belakang di atas maka peneliti menyusun rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an melalui kegiatan ekstrakurikuler BTQ pada siswa kelas IX di SMP N 2 Kedungwuni ?, dan Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an melalui kegiatan ekstrakurikuler BTQ pada siswa kelas IX di SMP N 2 Kedungwuni ?. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, siswa di Kelas IX, pengamatan di SMP N 2 Kedungwuni, dan dokumen program BTQ. Validitas data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknis. Proses analisis data berlangsung dalam tiga tahap: reduksi data, penyajian data dan tinjauan untuk menarik kesimpulan akhir. Hasil penelitian dari peran guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an sudah berjalan cukup baik dengan menerapkan program sekolah yaitu kegiatan ekstrakurikuler BTQ yang dilaksanakan setiap hari sabtu diikuti oleh siswa kelas IX di SMP N 2 kedungwuni. Faktor pendukung peran guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an yaitu guru PAI sebagai pembimbing dan memberikan semangat serta motivasi belajar siswa. Sedangkan faktor penghambat peran Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an yaitu faktor lingkungan sosial, keterbatasan waktu, dan motivasi dan minat siswa masih kurang lancar membaca AlQur‟an. Peran yang di lakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an melalui kegiatan ekstrakurikuler BTQ pada siswa kelas IX di SMP N 2 Kedungwuni telah dilaksanakan dengan baik dan bisa dikatakan telah berhasil dan siswa tersebut telah lancar membaca Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSolehuddin, Moh. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran guru pendidikan agama islam, membaca al-qur’an, ekstrakurikuler BTQ, siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:37
Last Modified: 25 Sep 2025 03:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14198

Actions (login required)

View Item View Item