Investigating Senior High School Students In Learning Vocabulary Through Crossword Puzzle Game

Kararah, Wulan Cahya (2025) Investigating Senior High School Students In Learning Vocabulary Through Crossword Puzzle Game. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2521009_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2521009_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2521009_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan kosakata bahasa Inggris bagi siswa SMA sebagai dasar keterampilan berbahasa, namun pembelajaran kosakata sering dianggap membosankan dan monoton. Beberapa penelitian sebelumnya telah mengeksplorasi berbagai media pembelajaran kreatif, tetapi penggunaan crossword puzzle game sebagai media untuk mendukung pembelajaran kosakata dengan pendekatan Self-Regulated Learning (SRL) masih jarang dikaji. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengisi kekosongan tersebut dengan menginvestigasi bagaimana siswa SMA mempelajari kosakata melalui permainan teka-teki silang dengan memanfaatkan strategi SRL. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan tiga siswa SMA yang dipilih sebagai partisipan, dengan pengumpulan data melalui catatan harian (diary) dan wawancara semi-terstruktur selama dua minggu. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu menjalankan tiga fase utama SRL perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi dengan menunjukkan motivasi belajar yang tinggi, strategi belajar mandiri yang bervariasi, serta kemampuan mengevaluasi dan menyesuaikan pembelajaran mereka secara reflektif. Namun, siswa menghadapi tantangan seperti petunjuk teka-teki yang membingungkan, kosakata baru yang sulit, dan gangguan belajar di rumah. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa permainan teka-teki silang dapat menjadi media alternatif yang efektif dan menyenangkan untuk mendukung pembelajaran kosakata jika diintegrasikan dengan strategi SRL yang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFaradhillah, NadiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Self-Regulated Learning (SRL), kosakata, crossword puzzle game, siswa SMA
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:34
Last Modified: 14 Jul 2025 03:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14203

Actions (login required)

View Item View Item