Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Dalam Buku Pilar Karakter Di TK Muslimat NU Masyithoh 09 Landungsari Kota Pekalongan

Baiti, Nur (2025) Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Dalam Buku Pilar Karakter Di TK Muslimat NU Masyithoh 09 Landungsari Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
2418014_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2418014_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2418014_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pada era modern sekarang ini kemajuan teknologi sangat pesat sehingga berbagai cara mudah dilakukan dengan teknologi. Dengan kecanggihan teknologi saat ini juga menyebabkan berbagai masalah yang menyangkut persoalan karakter-karakter anak bangsa seperti banyak terjadi penyimpangan moral yang dilakukan anak-anak jaman sekarang antara lain tawuran antar pelajar, kekerasan fisik, bullying, penggunaan narkoba, dan kenakalan remaja yang lainnya. Maka dari itu menanamkan nilai-nilai karakter anak usia dini ialah kunci utama untuk membangun bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penanaman nilai-nilai karakter anak usia dini dalam buku pilar karakter di TK Muslimat NU Masyithoh 09 Landungsari Kota Pekalongan dan mendeskripsikan tentang faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai karakter anak usia dini dalam buku pilar karakter di TK Muslimat NU Masyithoh 09 Landungsari Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang dilakukan dalam penelitian yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dlakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitan penerapan buku pilar karakter dilakukan saat kegiatan pembuka, diawali dengan guru membacakan judul buku karakternya selanjutnya membacakan isi dari buku pilar tersebut. Penerapan buku pilar Karakter dalam setiap bukunya dapat diterapkan untuk beberapa hari , yang setiap harinya hanya dibacakan 1-2 halaman saja. Setelah memebacakan isi buku karakter kemudian guru melakukan sesi tanya jawab tentang gambar yang ada didalam buku tersebut. Diakhir pembelajaran guru melakukan evaluasi dengan cara menulis catatan anekdot. Factor pendukung dalam penerapan buku pilar yaitu sekolah sudah masuk dalam forum diskusi dan antusian peserta didik. Ada pula factor penghambatnya yaitu terbatasnya buku pilar karakter dan kurangnya pemahaman guru tentang menerapkan nilai-nilai karakter dalam buku pilar karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrsyad, M.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Buku Pilar Karakter, Anak Usia Dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Jul 2025 08:21
Last Modified: 14 Jul 2025 08:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14207

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item