Akhmad, Ilham (2025) Penerapan Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMK Bardan Wasalaman Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
50223032 - Bab I dan Bab VII.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
50223032 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
50223032 - Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penerapan manajemen kurikulum merupakan proses sistematis yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI), manajemen kurikulum memiliki peran penting dalam membentuk karakter religius siswa secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan manajemen kurikulum PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMK Bardan Wasalaman Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru PAI, kepala sekolah, guru BK, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum PAI dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai religius dalam dokumen pembelajaran serta melalui program pembiasaan keagamaan yang terjadwal. Pelaksanaan pembelajaran mencakup pendekatan kognitif, afektif, dan psikomotorik, dengan penekanan pada keteladanan guru dan aktivitas kontekstual. Evaluasi dilaksanakan secara kolaboratif melalui observasi sikap, jurnal refleksi guru, laporan kegiatan keagamaan, serta keterlibatan pihak sekolah lainnya. Tantangan yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu pelajaran, latar belakang siswa yang beragam, serta kurangnya penguatan nilai religius di luar sekolah. Namun, penguatan budaya sekolah religius dan sinergi antar guru terbukti menjadi strategi efektif untuk menjaga kesinambungan pembentukan karakter. Secara keseluruhan, penerapan manajemen kurikulum PAI di SMK Bardan Wasalaman Batang terbukti efektif dalam meningkatkan karakter religius siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius, SMK | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 02:51 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14216 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |