Internalisasi Nilai-nilai Habl Min Al-Alam Untuk Mengembangkan Karakter Cinta Lingkungan Pada Siswa di Sekolah Adiwiyata Nasional SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan

Amanda, Citra Lusi (2025) Internalisasi Nilai-nilai Habl Min Al-Alam Untuk Mengembangkan Karakter Cinta Lingkungan Pada Siswa di Sekolah Adiwiyata Nasional SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121038_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121038_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2121038_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap tingginya antusiasme pada program adiwiyata itu sendiri dan menjadi dasar pembentukan karakter cinta lingkungan yang kemudian dikaitkan dengan nilai habl min al-alam dalam pelaksanaan pendidikannya. Juga mampu membentuk karakter warga sekolah yang berbudaya lingkungan hidup dan berkelanjutan, siswa mampu menjadi kader yang peduli lingkungan. Pendidikan lingkungan hidup adalah komponen penting dalam mempersiapkan generasi yang sadar akan pentingnya kelestarian alam. Program Adiwiyata yang berfokus pada pengembangan sekolah yang peduli lingkungan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran ini di kalangan siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai habl min al-alam dalam mengembangkan karakter cinta lingkungan pada siswa serta mendeskripsikan problematika yang dihadapi sekolah dalam proses internalisasi di SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini meliputi Tim Pengurus Adiwiyata, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan tiga siswa SMP Negeri 2 Kajen. Sedangkan data sekunder berasal dari buku, jurnal, artikel, skrispi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam internalisasi nilai-nilai habl min al-alam untuk mengembangkan karakter cinta lingkungan pada siswa di sekolah adiwiyata nasional SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan terdapat tiga tahapan yang dilalui yaitu pertama tahap transinformasi nilai (pemberian pengetahuan dan pemahaman) dengan pengajaran di kelas yang masuk ke dalam kurikulum pembelajaran. Kedua tahap transaksi nilai (pembiasaan), yaitu dengan melatih siswa dengan berbagai kegiatan dan penegakan tata tertib. Ketiga tahap transinternalisasi, yaitu siswa mulai mengamalkan nilai-nilai yang telah diajarkan oleh guru. Pada tahap ini guru tetap mendampingi siswa serta memberikan nilai teladan agar siswa lebih percaya apa yang disampaikan guru itu sesuai dengan tindakan nya. Problematika yang dihadapi sekolah dalam proses internalisasi yakni adanya perbedaan karakter siswa dan pola kebiasaan dirumah yang tidak menerapkan kebersihan. Untuk mengatasinya diperlukan strategi yang lebih efektif sesuai karakternya dan penting untuk melibatkan orangtua dalam setiap kegiatan anaknnya di sekolah serta kekompakan guru dalam menyampaikan pelajara dan nasehat menjadi solusi yang baik untuk siswa bisa memiliki karakter cinta lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYazid, M. AbaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Habl Min Al-Alam, Cinta Lingkungan, Adiwiyata.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:30
Last Modified: 15 Jul 2025 03:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14220

Actions (login required)

View Item View Item