Amalia, Lisa (2025) Dampak Program tahfidz terhadap kecedasan Emosonal pada Siswa di Sekolah dasar Tahfidzul Qur’an Al-Bayan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
50322026 - Bab I dan Bab VII.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
50322026 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
50322026 - Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan di sekolah dasar tahfidz memiliki tujuan untk meningkatkan kemmapuan hafalan Al-Qur’an pada siswa. Selain aspek akademis, program tahfidz juga membentuk karakter anak yang berakhklah mulia dan memiliki kecedasran spriritual dan emosional yang kuat. Emosional yang kauat tersebut tergadap pada kecerdasan emosional anak yang melibatkan kemampuan memahami, menelola, dan mengontrol emosi. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana Program Tahfidz di sekolah dasar tahfidzul Qur’an Al-Bayan? Bagaimana Kecerdasan Emosional Anak di sekolah dasar tahfidzul Qur’an Al-Bayan? Bagaimana Dampak Program tahfidz terhadap kecerdasan Emosional Anak di sekolah dasar tahfizul Qur’an Al-Bayan. Tujuan penelitian adalah : Pertama untuk mengeksplorasi program tahfidz di sekolah dasar tahfidzul qur’an Al-Bayan. Kedua mengeksplorasi kecerdasan Emosional Anak di sekolah dasar tahfidzul Qur’an Al-Bayan. Ketiga untuk mengksplorasi Dampak program tahfidz terhadap kecerdasan emosional Anak di sekolah tahfidzul Qur’an Al-Bayan. Kegunaan penelitian ini adalah: memberikan gambaran kepada pendidik, orang tua, dan lembaga pendidikan mengenai peran program tahfidz dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum berbasis tahfidz yang tidak hanya fokus pada hafalan Al-Qur’an, tetapi juga mendukung pembentukan karakter dan pengelolaan emosi anak sejak usia dini. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data, verifikasi data, dan simpulan data. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Penelitian ini menghasilkan temuan (1) Program Tahfidz di sekolah dasar Tahfidzul Qur’an Al-Bayan antara lain, : a) program hafalan Al-Qur’an Terstruktur yaitu: untuk membimbing siswa dalam menghafal dengan cara yang sistematis dan konsisten, b). Tallaqi yaitu: membacakan atau menghafalkan ayat-ayat secara perlahan dan jelas kepada siswa, c) Muraja’ah yaitu: muraja’ah dilakukan dengan cara membacakan atau mendengarkan ayat-ayat yang telah di hafalkan, d) Program tasmik yaitu: untuk nenguji dan memastikan bahwa hafalan siswa sesuai dengan tajwid, e) Evaluasi yaitu evalusi ini untuk guru dan siswa (2) kecerdasan Emosional Anak di sekolah dasar tahfidzul Qu’an Al-Bayan. : a) kesadaran diri b) Emosional Anak c) pengelolaan Emosi. (3) Dampak program tahfidz terhadap kecerdasan Emosional anak di sekolah dasar tahfidzul Qur’an Al-Bayan. antara lain: 1) mengatur Emoi 2) pengembangan kesabaran dan ketekunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Program, Kecerdasan Emosional, Dampak | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:41 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |