Pengaruh Inovasi Pembelajaran Ramah Anak Dan Peran Guru Pai Terhadap Perkembangan Potensi Siswa Di Mts Ma'arif NU Buaran

Rizalullah, Rizalullah (2025) Pengaruh Inovasi Pembelajaran Ramah Anak Dan Peran Guru Pai Terhadap Perkembangan Potensi Siswa Di Mts Ma'arif NU Buaran. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50223015 - Bab I dan Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
50223015 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
50223015 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya inovasi pembelajaran yang ramah anak dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, aman, dan inklusif, serta peran strategis guru PAI dalam mengembangkan potensi siswa. MTs Ma'arif NU Buaran merupakan lembaga pendidikan yang telah menerapkan pendekatan ramah anak dan memperkuat peran guru PAI dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi inovasi pembelajaran ramah anak dan peran guru PAI terhadap perkembangan potensi siswa di madrasah tersebut. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yaitu dengan pendekatan studi lapangan dan angket data. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, angket, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Narasumber utama terdiri dari guru PAI dan siswa. Teknik analisis data menggunakan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistik versi 25. Uji keabsahan data dilakukan melalui pengujian kualitas data, asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran ramah anak di MTs Ma’arif NU Buaran diterapkan melalui pendekatan partisipatif, pembelajaran kontekstual, penguatan nilai-nilai toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman, serta pemanfaatan metode yang adaptif terhadap kebutuhan siswa. Guru PAI di madrasah tersebut memainkan peran penting sebagai fasilitator, pembimbing spiritual, dan teladan akhlak yang membentuk karakter siswa. Pengaruh dari inovasi dan peran tersebut terlihat dalam perkembangan potensi siswa baik. Terdapat pengaruh inovasi pembelajaran ramah anak terhadap perkembangan potensi siswa karena nilai thitung (2,985) lebih besar daripada nilai ttabel (1,994), adanya pengaruh peran guru PAI terhadap perkembangan potensi siswa karena nilai thitung (4,723) lebih besar daripada ttabel (1,994) dan adanya pengaruh secara simultan simultan antara inovasi pembelajaran ramah anak dan peran guru PAI terhadap perkembangan potensi siswa karena nilai Fhitung (1433,409) lebih besar daripada Ftabel (3,126). Namun demikian, terdapat tantangan seperti keterbatasan sarana belajar dan resistensi terhadap perubahan yang membutuhkan strategi penanganan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade Dedi197101151998031005UNSPECIFIED
Thesis advisorGhufron, M. Ali198707232020121004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pembelajaran Ramah Anak, Peran Guru PAI, Perkembangan Potensi Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 14 Jul 2025 08:04
Last Modified: 14 Jul 2025 08:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14231

Actions (login required)

View Item View Item