Upaya Guru Dalam Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Kelas Rendah di MI GUPPI Kelangdepok Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang

Dewi, Fit Jannah Sugma (2025) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Kelas Rendah di MI GUPPI Kelangdepok Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318078_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2318078_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2318078_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya guru dalam meningkatkan karakter peduli sosial pada siswa kelas rendah di MI GUPPI Kelangdepok Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan karakter peduli sosial pada siswa kelas rendah di MI GUPPI Kelangdepok Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kesadaran sosial siswa dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, seperti kurangnya empati, sikap individualistik, dan minimnya interaksi sosial yang positif antar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala madrasah, guru kelas bawah, dan siswa kelas III. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan karakter peduli sosial pada siswa kelas rendah di MI GUPPI Kelangdepok Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang?, Apa saja faktor pendukung dan penghambat permasalahan dan solusi dalam meningkatkan karakter peduli sosial pada siswa kelas rendah di MI GUPPI Kelangdepok Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan karakter peduli sosial pada siswa kelas rendah di MI GUPPI Kelangdepok Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Desain Penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian kualitatif pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yakni bersifat deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan dari hasil observasi, beberapa dokumen, dan wawancara. Sumber data berupa guru meningkatkan karakter peduli sosial pada siswa kelas rendah di MI GUPPI Kelangdepok Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang dan data sekunder. Teknik Keabsahan data diambil dari triangulasi, bahan refenrensi dan membercheck. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam menanamkan karakter peduli sosial dilakukan melalui kegiatan pembiasaan seperti salam-sapa- senyum, doa bersama, shalat Dhuha berjamaah, mushafahah, serta program Jumat Beramal. Kegiatan tersebut secara konsisten diterapkan dan dibimbing oleh guru dengan memberikan keteladanan, motivasi, serta penguatan nilai-nilai sosial dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi antara lain kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga, pengaruh negatif media, serta keterbatasan sarana dan waktu. Solusi yang diterapkan guru meliputi pendekatan personal kepada siswa, peningkatan komunikasi dengan orang tua, serta integrasi nilai karakter dalam pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrsyad, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakter, Peduli Sosial, Siswa Kelas Rendah, Pembiasaan, Peran Guru
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Jul 2025 04:25
Last Modified: 14 Jul 2025 04:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14232

Actions (login required)

View Item View Item