Faizah, Nofa Auliyatul (2025) Implementasi Program Adiwiyata Dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembiasaan Pengolahan Sampah Siswa Kelas IV SDN 02 Podo Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
231804_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
231804_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
231804_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Menjaga dan merawat lingkungan hidup menjadi tanggung jawab manusia. Sayangnya, banyak manusia sendiri sebagai penyebab kerusakan lingkungan hidup. Banyak kerusakan diakibatkan oleh manusia seperti pencemaran limbah dan menumpuknya sampah pembuangan. Sekolah adalah tempat yang dapat membentuk karakter seseorang, melalui sekolah diharapkan dapat menanamkan karakter manusia untuk peduli lingkungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apa nilai karakter peduli lingkungan yang ditanamkan pada siswa kelas IV SDN 02 Podo Kedungwuni Kabupaten Pekalongan? 2) Bagaimana implementasi program adiwiyata dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan melalui pembiasaan pengolahan sampah siswa kelas IV SDN 02 Podo Kedungwuni Kabupaten Pekalongan? dan 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program Adiwiyata dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan siswa kelas IV SDN 02 Podo Kedungwuni Kabupaten Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai karakter peduli lingkungan yang ditanamkan pada siswa kelas IV SDN 02 Podo Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, untuk memaparkan implementasi program adiwiyata dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan melalui pembiasaan pengolahan sampah siswa kelas IV SDN 02 Podo Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program adiwiyata dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan siswa kelas IV SDN 02 Podo Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik Keabsahan data divalidasi melalui triangulasi teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik triangulasi, teknik yang menggabungkan seluruh data berbagai sumber. Teknik triangulasi yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber dan metode. Proses analisis data dilakukan melalui empat tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk menarik kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai karakter peduli lingkungan yang ditanamkan pada siswa kelas IV SDN 02 Podo Kedungwuni Kabupaten Pekalongan adalah nilai cinta lingkungan dan alam, nilai tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar, nilai disiplin, dan nilai pengelolaan sampah dengan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recyle). 2) Penerapan program Adiwiyata untuk menanamkan nilai karakter peduli lingkungan dilaksanakan melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 3) Faktor pendukung program Adiwiyata adalah kerjasama yang baik antara sekolah dengan stakeholder dan dengan penjual, program sekolah yang mendukung pembiasaan lingkungan bersih dan sehat, ketersediaan fasilitas seperti tempat sampah terpilah, taman, dan poster edukatif, partisipasi aktif siswa dalam kegiatan lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah alokasi dana yang masih terbatas dan alokasi waktu yang kurang maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Adiwiyata, Pengolahan Sampah, Peduli Lingkungan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:23 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 04:23 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |