Astianti, Elsa Lina (2025) Pengaruh Konten Edukasi Matematika pada Media Sosial TikTok terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2621027_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2621027_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2621027_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tingginya penggunaan media sosial, khususnya TikTok, di kalangan pelajar membuka peluang untuk mengeksplorasi potensi platform tersebut sebagai sumber belajar alternatif. TikTok sebagai media berbagi video pendek tidak hanya digunakan untuk hiburan, tetapi juga telah berkembang menjadi wadah bagi penyebaran konten edukatif, termasuk dalam bidang matematika. Banyak kreator konten matematika membagikan materi dan strategi penyelesaian soal yang dikemas secara menarik, singkat, dan visual, sehingga berpotensi mempengaruhi pemahaman konsep matematis siswa. Namun demikian, belum ada kajian empiris yang secara spesifik mengukur pengaruh konten edukasi matematika di TikTok terhadap pemahaman konsep matematis siswa di wilayah Pekalongan, khususnya pada jenjang SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana persepsi siswa terhadap konten edukasi matematika di TikTok, dan (2) apakah terdapat pengaruh konten edukasi tersebut terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori. Subjek penelitian berjumlah 74 siswa yang dipilih secara acak dari populasi kelas XI. Instrumen penelitian terdiri dari angket persepsi dan tes pemahaman konsep matematis. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, prasyarat analisis, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap konten edukasi matematika di TikTok berada dalam kategori cukup positif, dengan rata-rata skor angket sebesar 57,88 dari maksimum 80. Siswa menganggap konten tersebut menarik secara visual dan membantu pemahaman materi, walaupun masih terdapat keraguan terhadap kedalaman dan keakuratan isi konten. Sementara itu, hasil uji regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa terhadap konten edukasi matematika di TikTok dan pemahaman konsep matematis, dengan nilai signifikansi sebesar 0,036 dan koefisien determinasi sebesar 0,060, yang menunjukkan bahwa konten TikTok menyumbang 6% terhadap variabel terikat. Dengan demikian, konten edukasi matematika di TikTok dapat menjadi salah satu sumber belajar alternatif, meskipun perlu adanya pendampingan dan evaluasi terhadap kualitas konten agar pemanfaatannya lebih optimal dalam mendukung pemahaman matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | TikTok, Konten Edukasi Matematika, Pemahaman Konsep Matematis. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:19 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:19 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |