Maulidah, Riski (2025) Using photovoice to explore efl students’ emotions in practicing their listening skills. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
This is the latest version of this item.
|
Text
2520088_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (838kB) |
|
|
Text
2520088_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2520088_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Praktik keterampilan menyimak (listening skills) oleh pelajar English as a Foreign Language (EFL) dapat memunculkan berbagai respons emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi jenis-jenis emosi yang muncul selama proses menyimak. Metode yang digunakan adalah photovoice, dan data dianalisis menggunakan analisis tematik. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari empat mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang telah menempuh mata kuliah Extensive Listening di sebuah perguruan tinggi Islam di Pekalongan, Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami emosi positif dan negatif. Emosi positif meliputi excitement, love, confidence, interest, dan amusement. Emosi-emosi tersebut berperan penting dalam membuat practicing listening menjadi lebih menarik dan tidak terlalu melelahkan, terutama ketika pelajar merasa antusias dalam menemukan hal-hal baru dari bahasa tersebut, atau ketika listening practic mereka kaitkan dengan minat dan hobi pribadi mereka. Sementara itu, emosi negatif mencakup anger, anxiety frustration, tiredness/exhausted, dan fear. Emosi-emosi tersebut dapat menghambat kemajuan belajar pelajar dan mengurangi antusiasme mereka untuk berpartisipasi dalam aktivitas listening, terutama ketika mereka merasa stuck atau kesulitan memahami ucapan yang cepat atau aksen yang tidak familiar. Temuan ini mengindikasikan bahwa latihan keterampilan menyimak tidak hanya berdampak pada penguasaan bahasa, tetapi juga berpengaruh terhadap dinamika emosional pelajar EFL.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | EFL students, emotions, photovoice | ||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:23 | ||||||||
| Last Modified: | 30 Oct 2025 03:10 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14271 |
Available Versions of this Item
-
Using Photovoice To Explore Efl
Students’ Emotions In Practicing Their
Listening Skills. (deposited UNSPECIFIED)
- Using photovoice to explore efl students’ emotions in practicing their listening skills. (deposited 14 Jul 2025 03:23) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |
