Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas iv SD Negeri 02 Podo Kedungwuni Pekalongan

Mukaromah, Abidatul (2025) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas iv SD Negeri 02 Podo Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321065_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321065_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2321065_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perubahan kebijakan pendidikan di Indonesia melalui implementasi Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk mengakomodasi perbedaan karakteristik dan kebutuhan belajar peserta didik. Salah satu pendekatan yang mendukung implementasi tersebut adalah pembelajaran berdiferensiasi. Melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap siswa dengan mempertimbangkan gaya belajar, minat, dan bakat siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas IV SD Negeri 02 Podo Kedungwuni Pekalongan dan 2) Apa saja dampak penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas IV SD Negeri 02 Podo Kedungwuni Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri 02 Podo Kedungwuni Pekalongan dan 2) mengidentifikasi dampak yang ditimbulkan dari penerapannya, serta penelitian ini juga memiliki manfaat penelitian secara teoritis dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif yang sifatnya deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, sumber data primernya adalah guru kelas IV, dan siswa kelas IV, dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen atau literatur yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi (sumber, teknik, dan waktu). Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengimplementasian pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas IV berlangsung dengan 3 tahapan, yang meliputi: Perencanaan (pemetaan kebutuhan belajar siswa, merancang pembelajaran sesuai dengan hasil pemetaan, penyusunan modul ajar, dan perancangan media pembelajaran), Pelaksanaan (diferensiasi konten dan diferensiasi proses), dan Evaluasi (guru melaksanakan penilaian melalui tes tertulis yang sesuai dengan kemampuan setiap siswa yang mencakup tes formatif dan sumatif). 2) Dampak yang ditimbulkan setelah adanya implementasi pembelajaran berdiferensiasi diantaranya yaitu: meningkatnya antusiasme belajar siswa, meningkatnya keaktifan belajar siswa, dan meningkatnya pemahaman materi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnnur, Aan FadiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pembelajaran berdiferensiasi, pendidikan pancasila
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:36
Last Modified: 20 Oct 2025 08:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14277

Actions (login required)

View Item View Item