Kholisna, Nur Ikhda (2025) Upaya Mengatasi Problematika Pelaksanaan Program Remedial Teaching dalam Mencapai KKM pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas 3 SD Negeri Kertoharjo 01 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321139_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2321139_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2321139_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya problematika dalam pelaksanaan program remedial teaching dalam mencapai KKM pada mata pelajaran matematika di kelas 3 SD Negeri Kertoharjo 01 Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tahap-tahap pelaksanaan remedial teaching, problematika, dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika pelaksanaan program remedial teaching dalam mencapai KKM pada mata pelajaran matematika di kelas 3 SD Negeri Kertoharjo 01 Pekalongan. Fokus rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana Pelaksanaan Program Remedial Teaching dalam Mencapai KKM pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas 3 SD Negeri Kertoharjo 01 Pekalongan; (2) Apa saja Problematika Pelaksanaan Program Remedial Teaching dalam Mencapai KKM pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas 3 SD Negeri Kertoharjo 01 Pekalongan; (3) Bagaimana upaya yang dilakukan dalam mengatasi Problematika Pelaksanaan Program Remedial Teaching dalam Mencapai KKM pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas 3 SD Negeri Kertoharjo 01 Pekalongan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena atau situasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berupa data primer yaitu guru kelas dan peserta didik kelas 3 serta data sekunder didapat dari selain guru kelas dan peserta didik kelas 3, yaitu kepala sekolah, arsip maupun dokumen sekolah serta referensi lain yang serupa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Program remedial teaching pada mata pelajaran matematika di kelas 3 SD Negeri Kertoharjo 01 Pekalongan telah dilaksanakan oleh guru dengan efektif melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan, yang dilakukan dengan mengidentifikasi peserta didik yang membutuhkan remedial dengan meninjau dari hasil ulangan, mencatat nama-nama peserta didik yang mengikuti remedial, serta mempersiapkan materi remedial. Pelaksanaan, dilakukan dengan mengulang soal yang sama dengan soal sebelumnya dan dilakukan pada saat jam kosong maupun saat pulang sekolah. Evaluasi, dilakukan dengan menggunakan soal yang berbeda tetapi sudah diturunkan tingkat kesulitannya; (2) Problematika dalam pelaksanaan remedial teaching mencakup waktu yang terbatas akibat padatnya jadwal pelajaran dan kondisi peserta didik yang lelah, serta kurangnya motivasi belajar dari peserta didik yang merasa jenuh, letih, atau malu ketika mengikuti remedial; (3) Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi permasalahan tersebut termasuk mengatur jadwal remedial dengan tepat, memanfaatkan waktu belajar yang tersisa, menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan, serta memberikan pujian dan dorongan agar peserta didik merasa dihargai dan termotivasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Remedial Teaching, KKM, Mata Pelajaran Matematika | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:47 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:47 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14282 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |