University Efl Students' Experiences Of Self-Regulated Vocabulary Learning Using Mobile Games

Afifa, Nanda Lyzzatul (2025) University Efl Students' Experiences Of Self-Regulated Vocabulary Learning Using Mobile Games. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2521007_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2521007_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2521007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Mahasiswa English as a Foreign Language (EFL) idealnya memiliki penguasaan kosakata yang memadai, namun kenyataannya masih terdapat sejumlah mahasiswa dengan keterbatasan kosakata. Mobile games yang saat ini digemari mahasiswa dinilai berpotensi mendukung pembelajaran kosakata melalui pendekatan self-regulated learning (SRL). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman mahasiswa EFL dalam mengimplementasikan SRL untuk pembelajaran kosakata melalui mobile game. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa reflective journal dan wawancara semi-terstruktur terhadap tiga mahasiswa EFL. Data dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengalaman pembelajaran kosakata menggunakan mobile games yang dianalisis berdasarkan empat tahapan dalam teori experiential learning Kolb dan juga tantangannya. Pengalaman pembelajaran kosakata ini mencakup keterlibatan aktif mahasiswa dalam berbagai kegiatan, seperti menyusun tujuan belajar, melakukan kegiatan pembelajaran kosakata secara langsung melalui mobile games, serta merefleksikan atau mengingat ulang kata-kata yang kembali muncul pada level dan dialog yang berbeda. Selain itu, mahasiswa juga membentuk pemahamannya sendiri terhadap kata-kata yang ditemui sebelumnya dan mengimplementasikan pemahaman kosakata baru tersebut ke situasi nyata. Pengalaman tantangan yang dihadapi mahasiswa, antara lain adanya distraksi selama belajar, kurangnya konsistensi dalam penggunaan mobile games untuk pembelajaran kosakata, serta munculnya rasa kecewa ketika tujuan belajar awal tidak sepenuhnya tercapai. Selain itu, ditemukan tiga fase utama dalam SRL: forethought, performance, dan self-reflection. Penelitian ini mengungkap pengalaman mahasiswa EFL selama pembelajaran kosakata mandiri dengan menggunakan mobile games. Kata kunci: mahasiswa EFL, pengalaman, self-regulated learning, kosakata, permainan seluler

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAli, FachriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: university EFL students, experience, self-regulated learning, vocabulary, mobile games
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2025 06:56
Last Modified: 15 Jul 2025 06:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14293

Actions (login required)

View Item View Item