Pratama, Aura Ayu (2025) Exploring english as a foreign language (EFL) learners anxiety in public speaking. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
| 
              
Text
 2521051_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB)  | 
          |
| 
              
Text
 2521051_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB)  | 
          |
| 
              
Text
 2521051_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB)  | 
          
Abstract
Kecemasan berbicara merupakan salah satu kendala utama yang dihadapi oleh pembelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL), yang sering kali menghambat perkembangan keterampilan berbicara mereka. Kondisi ini menyebabkan banyak siswa enggan berbicara di depan umum, terutama dalam konteks pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kecemasan berbicara di depan umum dalam konteks pembelajaran EFL. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan desain studi naratif, penelitian ini berfokus pada pengalaman pribadi siswa untuk mengungkap bagaimana mereka memahami dan merespons kecemasan yang mereka alami saat berbicara di depan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajar EFL umumnya menghadapi berbagai tantangan, seperti kegugupan saat berbicara, peningkatan kesadaran diri, ketakutan akan kesalahan, keterbatasan kosakata dan kemampuan pengucapan, serta kekhawatiran terhadap kejelasan ide yang disampaikan. Untuk mengatasi kecemasan ini, para peserta menggunakan beragam strategi, termasuk melakukan persiapan yang matang, teknik relaksasi, berpikir positif, mencari dukungan dari orang lain dan dalam beberapa kasus, memilih untuk menghindari situasi berbicara (pengunduran diri). Strategi-strategi tersebut terbukti membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara di depan umum.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: | 
  | 
        ||||||||
| Uncontrolled Keywords: | EFL learners, public speaking anxiety, strategies, qualitative narrative study | ||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:01 | ||||||||
| Last Modified: | 30 Oct 2025 04:04 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14300 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        