Saniatussariroh, Khodijah (2025) Implementasi Pembelajaran Kitab Alala dalam Menanamkan Akhlak Menuntut Ilmu Siswa Kelas II di MSI 14 Medono Pekaongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321116_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2321116_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2321116_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan zaman yang semakin moderen memberikan dampak negatif dalam dunia pendidikan terutama berkaitan dengan perilaku siswa dalam belajar. Salah satu penyebabnya adalah karena minimnya pengetahuan dan pemahaman tentang akhlak dalam menuntut ilmu. Namun masalah ini bukan masalah baru, dimana masalah ini bisa diatasi salah satunya dengan cara mempelajari kitab alala, yang mana didalam kitabnya mengandung syair-syair (nadhom) yang berkaitan dengan pembelajaran akhlak menuntut ilmu. Kitab alala menjadi rujukan utama sebagai kitab akhlak yang mudah dipelajari dan dipahami oleh siswa tingkat dasar (madrasah ibtidaiyah). Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yang dibahas yaitu, pertama bagaimana implementasi pembelajaran kitab alala dalam menanamkan akhlak menuntut ilmu siswa kelas II di Msi 14 Medono Pekalongan?. Kedua, apa sajakah faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajarn kitab alala dalam menanamkan akhlak menuntut ilmu siswa kelas II di MSI 14 Medono Pekalongan?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran kitab alala dalam menanamkan akhlak menuntut ilmu siswa kelas II di Msi 14 Medono Pekalongan dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajarn kitab alala dalam menanamkan akhlak menuntut ilmu siswa kelas II di MSI 14 Medono Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, bahwa penelitian ini diperoleh melalui kata-kata, gambar, dan perilaku. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Oleh karena itu, dalam analisis peneliti menggunakan tiga langkah uatama dalam penelitian yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Disimpulkan secara umum bahwa implementasi pembelajaran kitab alala sudah terlaksana sejak tahun 2019 selama 6 tahun. Implementasi pembelajaran kitab alala bertujuan untuk menanamkan akhlak dalam menuntut imu siswa dan diharapak siswa bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Yang mana pembelajaran kitab alala ini diterapkan pada kelas rendah saja yaitu kelas I dan kelas II, untuk jadwal pembelajarannya satu minggu satu kali tepatnya pada hari Rabu selama satu jam pelajaran. Implementasi pembelajaran kitab alala dilaksanakan dengan tiga tahapan, yaitu: (1) perencanaan pembelajaran meliputi: menentukan tujuan pembelajaran, menyiapkan materi pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. (2) pelaksanaan pembelajaran meliputi: kegiatan pendahuluan pembelajaran kegiatan inti pembelajaran, kegiatan penutup pembelajaran. (3) evaluasi pembelajaran meliputi: aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Adapun (a) faktor pendukung meliputi: dukungan madrasah, dukungan guru, dan dukungan orang tua. (b) faktor penghambat meliputi: kemampuan membaca siswa dan keterbatasan waktu pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kitab alala yang diterapkan di MSI 14 Medono Pekalongan dapat memberikan dampak positif terhadap siswa terutama pada akhlaknya dalam menuntut ilmu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kitab alala dan akhlak dalam menuntut ilmu | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:30 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:30 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |