Implementasi Metode Qira'ah Dalam Pembelajaran Maharah Qira'ah Pada Siswa Kelas Viii D Mts Ribatul Muta'alllimin Kota Pekalongan

Muqoddam, Ahmad (2025) Implementasi Metode Qira'ah Dalam Pembelajaran Maharah Qira'ah Pada Siswa Kelas Viii D Mts Ribatul Muta'alllimin Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2218003_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2218003_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2218003_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Muqoddam, Ahmad. 2025. “Implementasi Metode Qira’ah dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah pada Siswa Kelas VIII D MTs Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Dr. H. Ahmad Ubaedi Fathuddin, M.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam proses pembelajaran bahasa Arab pada materi maharah qira’ah, di mana sebagaian siswa masih kesulitan memahami konsep, kurang aktif, dan kurang fokus dalam kegiatan belajar. Hal ini menunjukkan pentingnya pemilihan metode pembelajaran yang tepat oleh guru agar proses pembelajaran lebih efektif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah, yaitu: Bagaimana implementasi metode qira’ah dalam pembelajaran maharah qira’ah pada siswa kelas VIII D MTs Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan? serta apa saja kelebihan dan kekurangan metode tersebut dalam pembelajaran maharah qira’ah? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode qira’ah dalam materi maharah qira’ah, kelebihan dan kekurangannya pada siswa kelas VIII D MTs Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan. Desain penelitian ini menerapkan metode field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan teknik trianggulasi, sedangkan analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman yang meliputi proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode qira’ah pada pembelajaran maharah qira’ah di kelas VIII D MTs Ribatul Muta’allimin telah berjalan secara efektif berkat perencanaan yang matang, pelaksanaan yang terstruktur, dan evaluasi yang menyeluruh. Ketiga aspek tersebut saling mendukung dalam membangun kemampuan membaca siswa secara bertahap dan sesaui tujuan pembelajaran. Hal ini sejalan dengan sejumlah kelebihan dalam menerapkan metode tersebut, antara lain melatih kemapuan membaca bahasa asing dengan pengucapan dan pemahaman yang baik, membantu siswa memahami budaya melalui teks bacaan, serta meningkatkan penguasaan kosakata. Namun, metode ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti potensi kejenuhan bagi siswa yang kesulitan membaca teks asing, keterbatasan ksakata yang hanya mengacu pada teks, serta kurangnya pengembangan keterampilan berbicara akibat fokus yang dominan pada aspek membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathuddin, Ahmad UbaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, Metode Qira’ah, Maharah Qira’ah.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:33
Last Modified: 15 Jul 2025 07:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14318

Actions (login required)

View Item View Item