sabila, Khansa (2025) Implementasi Pendekatan Whole Language Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Di Ra Muslimat Nu Prawasan Barat. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2421075_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2421075_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2421075_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang ini dilatar belakangi berdasarkan temuan fenomena yang menunjukkan bahwa adanya permasalahan perkembangan bahasa yaitu keterampilan membaca terdapat anak yang terlihat kurang terampil. Diperkuat pula dengan temuan yang menunjukkan bahwa adanya permasalahan perkembangan bahasa yaitu berupa keterlambatan kemampuan perkembangan bicara dan sesuai kelompok, umur, jenis kelamin dan kecerdasannya. Berdasarkan fenomena yang saya teliti tepatnya di RA Muslimat NU Prawasan Barat bahwasanya dalam kemampuan berbahasa terdapat anak yang keterampilan berbahasanya belum optimal, dalam hal membaca masih terbata-bata dan kurangnya kefokusan anak. Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan anak untuk berkomunikasi dan mengekspresikan perasaan dan pikiran mereka kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses implementasi pendekatan Whole Language dalam mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini serta kendala yang dihadapi dan solusinya dalam mengimplementasikan pendekatan Whole Language dalam mengembangkaan kemampuan berbahasa pada anak usia dini di RA Muslimat NU Prawasan Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas di RA Muslimat NU Prwasan Barat. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan Whole Language dilakukan dengan menyusun perencanaan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) berlanjut dalam pelaksanaan yaitu guru memberi arahan kepada siswa, guru menjadi fasilitator, anak dipersilahkan memilih buku yang disukai ataupun membaca dengan bimbingan guru dan anak dipersilahkan menulis sesuai yang diinginkan maupun dengan bimbingan guru, selanjutnya evaluasi dengan menggunakan berbagai alat pembelajaran seperti ceklis, catatan anekdot dan hasil karya. Adapun kendala yang dialami yaitu adanya anak yang masih susah fokus atau fokusnya terbagi dalam pembelajaran. Solusinya yaitu dengan pendampingan secara khusus dan pengajaran dengan telaten agar anak tersebut bisa mengembangkan kemampuan berbahasa sesuai dengan tahap perkembangannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Whole Language, Kemampuan Berbahasa, Anak Usia Dini | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:38 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 07:38 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14326 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |