Hanif, Naufal (2025) Upaya Guru dalam Mengatasi Diskalkulia pada Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas V di MIS Kauman Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321191_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (910kB) |
![]() |
Text
2321191_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2321191_Lampiran.pdf Download (876kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kesulitan belajar matematika yang di alami oleh sebagian peserta didik di tingkat sekolah dasar, khususnya di kelas V MIS Kauman Wiradesa. Salah satu kesulitan belajar yang sering ditemui adalah diskalkulia. Diskalkulia merupakan gangguan belajar spesifik yang ditandai dengan ketidakmampuan memahami konsep angka, operasi hitung, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan cara guru dalam mengidentifikasi peserta didik yang mengalami diskalkulia di MIS Kauman wiradesa. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk untuk menganalisis upaya guru dalam mengatasi diskalkulia pada pembelajaran matematika peserta didik kelas V di MIS Kauman Wiradesa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi lapangan atau field research. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap kepala madrasah, guru kelas V, dan Peserta didik kelas V. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi di MIS Kauman Wiradesa, sedangkan data sekunder berasal dari buku, dan referensi lain yang relevan dengan masalah yang diteliti, dan dokumentasi terkait pembelajaran matematika dan upaya mengatasi diskalkulia. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan, dengan keabsahann data diuji melalui triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Guru melakukan proses identifikasi peserta didik dengan observasi dalam kegiatan belajar, analisis kesalahan dalam pengerjaan soal, serta komunikasi dengan orang tua. (2) Setelah peserta didik teridentifikasi mengalami diskalkulia, guru menerapkan berbagai upaya seperti metode pembelajaran yang bervariasi, pelatihan tambahan di luar jam sekolah, dukungan emosional dan motivasi untuk meningkatkan semangat dan motivasi belajar. Guru juga memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia seperti proyektor sebagai media visual dan mengikuti kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan belajar sambil bermain, dan guru berkolaborasi dengan orang tua serta madrasah untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Diskalkulia, Upaya Guru, Kesulitan belajar, Matematika | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:58 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |