Khamida, Lailatul (2020) Implementasi metode cooperative learning tipe jigsaw dalam meningkatkan maharah qira’ah siswa kelas xi di SMK Islam 45 Wiradesa Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Proses pembelajaran bahasa Arab di sekolah harus memberikan nuansa kolaboratif antara salah satu siswa dengan siswa yang lainnya, sehingga pembelajaran lebih menyenangkan.Salah satu pembelajaran yang memberikan ruang kepada siswa untuk berkolaborasi lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran bahasa Arab yaitu menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw, atau dikenal dengan istilah Cooperative learning Tipe Jigsaw. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Implementasi Metode Cooperative learning Tipe Jigsaw dalam meningkatkan Maharah qira’ah Siswa Kelas XI di SMK Islam 45 Wiradesa Pekalongan ?, dan Apa saja faktor yang mempengaruhi Implementasi Metode Cooperative learning Tipe Jigsaw dalam meningkatkan Maharahqira’ah SiswaKelas XI di SMK Islam 45 WiradesaPekalongan ?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Implementasi Metode cooperative learning Tipe Jigsaw dalam meningkatkan Maharahqira’ah SiswaKelas XI di SMK Islam 45 Wiradesa Pekalongan dan Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi Implementasi Metode cooperative learning Tipe Jigsaw dalam meningkatkan Maharahqira’ah Siswa Kelas XI di SMK Islam 45 Wiradesa Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan,Sedangkan pendekatannya adalah pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber datanya adalah sumber data primer meliputi Guru dan Siswa, sumber data sekunder meliputi dokumen-dokumen, dan buku-buku tentang profil SMK Islam 45. Sedangkan teknik analis data penelitian ini menggunakan teori analis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, dengan mengemukakan analisis data mencakup tiga kegiatan yang bersamaan yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah Siswa Kelas XI di SMK Islam 45 Wiradesa Pekalongan menunjukkan adanya pembelajaran menggunakan Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw dimana metode tersebut digunakan dalam Maharah Qira’ah yang dilaksanakan setiap seminggu sekali dalam 2 jam pelajaran. (2) faktor pendukung yang menjadikan Implementasi Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah berhasil adalah siswa yang antusias dan aktif sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu pembelajaran kurang lama, media pembelajaran kurang mendukung dan latar belakang siswa yang beragam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Maharah Qira’ah, Metode Cooperative learning Tipe Jigsaw | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jun 2021 08:01 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jun 2021 01:37 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1433 |
Actions (login required)
View Item |