Dhiya, Indi Laela (2025) Pengaruh Program Islamic Boarding School Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X Di Man Kota Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
212102_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
212102_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
212102_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Laela Dhiya, Indi. 2025. Pengaruh Program Islamic Boarding School Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X Di MAN Kota Tegal. Skripsi Tarbiyah Fakultas Keguruan, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Bapak Slamet Untung, M. Ag. Selaku dosen pembimbing. Kata Kunci: Program Boarding School, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak masih tergolong bervariasi. Beberapa siswa menunjukkan pemahaman yang baik terhadap materi akidah dan akhlak, dan mampu mengkaitkannya dengan praktik kehidupan sehari-hari. Namun, sebagian lainnya menunjukkan kesulitan dalam menguasai materi. siswa masih menunjukkan kurangnya motivasi dalam mengikuti pembelajaran akidah akhlak. Hal ini juga tampak dari sikap pasif bebrapa siswa dalam diskusi kelas, keterlambatan dalam mengumpulkan tugas, beberapa siswa yang yang tinggal di asrama mengalami kejenuhan dalam mengikuti rutinitas harian boarding, yang sedikit banyaknya memengaruhi konsetrasi dan semangat belajar mereka Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) menganalisis bagaimana program islamic boarding school di MAN Kota Tegal (2) menganalisis bagaimana prestasi belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak di MAN Kota Tegal (3) menganalisis apakah ada pengaruh program islamic boarding school terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak di MAN Kota Tegal Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimental dengan jenis penelitian survei. Variabel independen (X) dan variabel dependen (Y) yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data angket/kuisioner, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis dengan analisis linier sederhana. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa program islamic boarding school berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akikdah akhlak (1) hasil variabel program islamic boarding school memperoleh skor angket paling tinggi 52, paling rendah 21, dan nilai rata-rata 37,71 (2) hasil variabel prestasi belajar memperoleh nilai rapot paling tinggi 92, paling rendah 66, dan nilai rata-rata 76,20 (3) pengaruh simultan antara program islamic boarding school (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y) dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 serta nilai fhitung sebesar 15,338 > ftabel yaitu 4,14. Hal ini menunjukkan bahwa semakin meningkan program boarding school maka prestasi belajar akidah akhlak akan mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Program Boarding School, Prestasi Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 01:51 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 01:51 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |