Effendi, Irfanto (2025) Pengaruh Penggunaan Media Wordwall Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VIII SMPN 7 Kota Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2621037_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2621037_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2621037_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
SMPN 7 Kota Tegal merupakan SMP di Kota Tegal sudah memiliki fasilitas berupa proyektor di setiap kelas dan laptop pegangan guru yang memadai untuk memulai penerapan pengajaran dengan menggunakan media Wordwall. Aplikasi Wordwall ini menjadikan proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan bagi peserta didik mampu bagi pendidik karena aplikasi Wordwall menekankan gaya belajar lebih rileks terhadap pembelajaran yang sedang atau telah dipelajarinya. Penggunaan media pembelajaran sebagai alat, bantuan atau penghubung yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran yang sulit dipahami. hasil belajar memegang peranan yang sangat penting yang harus dimiliki siswa, karena hasil belajar merupakan acuan keberhasilan pembelajaran. Ketika hasil belajar tinggi, otomatis keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan guru dapat dikatakan sukses. Pembelajaran melalui media Wordwall sebagai media pembelajaran bisa juga mempersingkat proses pembelajaran bagi siswa, menjadikan pembelajaran lebih menarik dan relatif mudah dipahami siswa. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti dan membuktikan apakah memang terdapat pengaruh Media Wordwall terhadap hasil belajar siswa khususnya pada Kelas VIII SMPN 7 Kota TegalSkripsi ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Media Wordwall Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII SMPN 7 Kota Tegal. Penelitian ini dilatar belakangi tentang Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall yang sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Media Wordwall Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VIII SMPN 7 Kota Tegal?. Apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara pretest dan posttest pada media wordwall melalui pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran matematika di kelas VIII SMPN 7 Kota Tegal?. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, kemudian sempel yang digunakan berjumlah 30 siswa, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah mencari data menggunakan tes dan observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji normalitas, reliabilitas, uji-t (independent t test), untuk membuktikan hipotesis penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penggunaan pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada kelas eksperimen yang dipadukan dengan media Wordwall menunjukkan efektivitas dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi persamaan garis lurus. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pusat kegiatan belajar, di mana mereka aktif terlibat dalam menyelesaikan masalah kontekstual melalui diskusi kelompok dan kuis interaktif. Berdasarkan hasil analisis data penggunaan media pembelajaran Wordwall melalui pembelajaran problem based learning memiki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata matematika di kelas VIII SMPN 7 Kota Tegal Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,013 yang dimana lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh Penggunaan Media Wordwall Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VIII SMPN 7 Kota Tegal. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Wordwall Melalui Pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data secara kuantitatif, hasil belajar pretest dan pada pembelajaran matematika siswa pada mata matematika di kelas VIII SMPN 7 Kota Tegal mempunyai hasil yang sama. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa hasil Sig (2-tailed) sebesar 1,000. Nilai Sig (2-tailed) ini > α (0,05). Artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan kemampuan awal siswa pada kedua kelas ialah sama. Sedangkan hasil belajar posttest dan pada pembelajaran matematika siswa pada mata matematika di kelas VIII SMPN 7 Kota Tegal mempunyai hasil yang berbeda. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian hipotesis menunjukan hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,013 Nilai Sig (2-tailed) ini < α (0,05). Hal ini berarti menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai Posttest yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peneliti memiliki banyak kekurangan dan keterbatasan dalam menyelesaikan penelitian ini, maka sebab itu bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperhatikan kekurangan dan keterbatasan peneliti sehingga mendaparkan hasil yang lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Wordwall, Hasil Belajar Siswa, Matematika | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:58 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 02:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |