Sa’adah, Arifatus (2025) Kegiatan Ekstrakurikuler Mewarnai Dalam Mengembangkan Keterampilan Seni Rupa Pada Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2421018_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (709kB) |
![]() |
Text
2421018_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2421018_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
Abstract
Keterampilan seni rupa pada anak usia dini adalah kemampuan anak dalam mengekspresikan diri, ide, dan perasaannya melalui berbagai media visual seperti menggambar, mewarnai, melukis, membentuk (misalnya dari plastisin atau tanah liat), dan kolase. Keterampilan ini mencakup aspek motorik halus, kreativitas, imajinasi, serta kemampuan mengenali warna, bentuk, garis, dan tekstur. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Kegiatan Ekstrakurikuler Mewarnai Sebagai Media Keterampilan Seni Rupa Pada Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan ? 2) Apa Saja Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Kegiatan Ekstrakurikuler Mewarnai Sebagai Media Keterampilan Seni Rupa Pada Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk analisis kegiatan ekstrakurikuler mewarnai sebagai media keterampilan seni rupa pada anak usia dini di ra muslimat nu semut kecamatan wonokerto kabupaten pekalongan 2) Untuk analisis faktor pendukung dan faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler mewarnai sebagai media keterampilan seni rupa pada anak usia dini di ra muslimat nu semut kecamatan wonokerto kabupaten pekalongan. Data yang diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif dari Mireles dan Huberman, yang mencakup empat langkah dalam proses analisis data. Hasil penelitian menunjukkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kegiatan ekstrakurikuler mewarnai dirancang secara terstruktur melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Kegiatan ini terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan motorik halus, kreativitas, serta pemahaman seni rupa anak melalui pengenalan unsur warna, garis, dan bentuk. 2) Faktor pendukung kegiatan meliputi ketersediaan sarana prasarana yang memadai, dukungan sekolah dan orang tua, serta keterlibatan guru khusus. Adapun faktor penghambat utamanya adalah kurangnya fokus anak dan keterbatasan waktu. Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan kontribusi positif dalam mendukung perkembangan bakat dan minat seni rupa anak sejak dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler mewarnai, Seni Rupa, Anak Usia Dini | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:19 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 07:19 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14343 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |