Izzurrohman, M. Fathur (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Team-Game-Tournament (TGT) Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2621098_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2621098_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2621098_Lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
Dalam konteks pembelajaran matematika, siswa kelas VIII di SMP N 1 Kota Pekalongan cenderung menunjukkan kurangnya keterlibatan dan antusiasme. Hanya sebagian kecil siswa yang terlibat dalam latihan dan diskusi, sementara sebagian besar siswa menunjukkan pemahaman materi yang terbatas, yang mengarah pada kurangnya minat untuk menyelesaikan soal yang ditugaskan. Penentuan model dan strategi dapat berdampak pada minat belajar siswa. Maka dari itu, penting untuk menentukan pendekatan pembelajaran yang menarik, dengan memasukkan permainan dan kegiatan menyenangkan lainnya, untuk mencegah siswa menjadi tidak tertarik dan meningkatkan minat mereka untuk belajar. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Team-Game-Tournament (TGT) Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa”. Rumusan masalah pada penelitian adalah Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Team-Game-Tournament (TGT) melalui strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap minat belajar siswa? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Team-Game-Tournament (TGT) melalui strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap minat belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, kemudian Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen yaitu non-equivalent control group design. Desain ini menggunakan kelas A sebagai kelas percobaan sekaligus kelas kontrol dan kelas C sebagai kelas Eksperimen, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah mencari data menggunakan angket dan observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji normalitas, reliabilitas, uji-t (independent t test), untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan hasil analisis data kuantitatif yang telah dilakukan, minat awal kelas sama dilihat dari hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,756. Nilai Sig (2-tailed) ini > α (0,05) artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara minat awal kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian hasil uji t terhadap minat belajar matematika siswa setelah perlakuan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang kurang dari taraf signifikansi 0,05. Maka bisa di simpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Team-Game-Tournament (TGT) melalui strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap minat belajar siswa diterima. Dengan kata lain, variabel model pembelajaran Team-Game-Tournament (TGT) melalui strategi pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan Matematika, Gaya Belajar, Minat Belajar | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:06 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |