Fiqihhani, Muthia (2025) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Kelas Iv Sd Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2221006_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2221006_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2221006_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat interaktivitas dalam pembelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Pekajangan, yang mengakibatkan kurangnya keterlibatan aktif peserta didik selama proses belajar mengajar. Hal ini diperparah dengan penggunaan metode konvensional yang bersifat monoton dan kurang menarik sehingga menyebabkan beberapa siswa kesulitan memahami materi, terutama karena mereka baru pertama kali diperkenalkan dengan mata pelajaran Bahasa Arab dan masih banyak yang belum lancar membaca huruf hijaiyah bersambung. Kondisi tersebut berdampak pada pencapaian tujuan pembelajaran yang kurang optimal, sehingga mendorong peneliti untuk mencari solusi yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan bermakna. Salah satu alternatif yang dipilih adalah dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan PowerPoint, karena media ini dinilai mampu menyajikan materi secara visual, menarik, dan mudah diakses baik oleh guru maupun siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran tersebut sekaligus menguji kelayakannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui Teknik observasi, wawancara, dan angket, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Produk akhir dari penelitian ini berupa file PowerPoint dengan format .pptx yang dirancang secara interaktif, mengandung elemen teks, gambar, animasi, audio, serta kuis yang dapat mendorong keaktifan siswa. Konten media mencakup tujuan pembelajaran, peta konsep, materi utama, latihan soal interaktif, serta informasi tentang media dan profil pengembang. Validasi kelayakan dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, yang menghasilkan skor kelayakan masing-masing sebesar 87% dan 98% dalam kategori “sangat layak”. Selain itu, hasil respons dari peserta didik melalui angket menunjukkan bahwa media ini memperoleh nilai rata-rata kelayakan sebesar 86%, yang juga tergolong sangat layak. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab berbasis multimedia interaktif menggunakan PowerPoint dinyatakan sangat layak digunakan untuk mendukung proses belajar siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Pekajangan, karena mampu meningkatkan minat, motivasi, serta interaksi siswa selama pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Pembelajaran Bahasa Arab, dan PowerPoint | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:07 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 03:07 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |