Pengembangan media keranjang belajar untuk meningkatkan literasi numerasi matematika pada peserta didik kelas IV di SDN 02 Wanarejan Pemalang

Khasanah, Faiza Alfa (2022) Pengembangan media keranjang belajar untuk meningkatkan literasi numerasi matematika pada peserta didik kelas IV di SDN 02 Wanarejan Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321084_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321084_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2321084_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran matematika berperan penting dalam membantu peserta didik memahami konsep, menerapkannya, serta menyelesaikan berbagai permasalahan melalui kemampuan literasi numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Keranjang Belajar pada materi bilangan cacah sampai 10.000 guna meningkatkan literasi numerasi siswa kelas IV di SDN 02 Wanarejan, Pemalang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar dan kemampuan literasi numerasi akibat penggunaan media yang monoton. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan, cara penggunaan, dan hasik dari pengembangan media keranjang belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa hasil validasi menunjukkan media berada dalam kategori sangat layak dengan persentase 88,33% dari ahli media, serta 97,77% dan 86,66% dari dua validator materi. Uji kepraktisan memperoleh skor 75,73%, menunjukkan media termasuk praktis. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 74,47 (pretest) menjadi 95,53 (posttest), dan seluruh peserta mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil validitas menunjukkan nilai r hitung > r tabel, sedangkan reliabilitas diperoleh dari cronbach’s alpha sebesar 0,730. Uji N-Gain menunjukkan rata-rata 0,853 (85,30%), yang dikateorikan efektif. Dengan demikian, media Keranjang Belajar dinyatakan layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan literasi numerasi matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRiandita, LilikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Matematika, Keranjang Belajar, Literasi Numerasi, Bilangan Cacah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2025 06:17
Last Modified: 15 Jul 2025 06:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14364

Actions (login required)

View Item View Item