Ramadhina, Muna Zahro (2025) Pengaruh Self-Regulated Learning Dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 2 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2618094_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2618094_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
2618094_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Hasil belajar matematika merupakan salah satu yang digunakan sebagai indikator tercapainya tujuan pembelajaran. Namun, hasil belajar matematika siswa Indonesia masih sangat rendah. Siswa dituntut untuk mempunyai rencana, dan pengaturan diri sendiri untuk mencapai tujuan belajarnya seperti yang diukur pada self-regulated learning. Selain itu, untuk mencapai hasil belajar matematika yang tinggi, maka dibutuhkan keyakinan diri sendiri untuk menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari atau disebut sebagai disposisi matematis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Kedungwuni? 2) Apakah terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Kedungwuni? Apakah terdapat pengaruh self-regulated learning dan disposisi matematis secara simultan terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Kedungwuni? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari self-regulated learning dan disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan cluster random sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 57 siswa. Pengumpulan data menggunakan 17 pernyataan untuk angket selfregulated learning, 19 pernyataan untuk angket disposisi matematis, dan dokumentasi hasil sumatif tengah semester. Analisis data yang digunakan menggunakan uji normalitas, uji heterokesdasitas, uji multikolinearitas, dan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) self-regulated learning tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika, (2) disposisi matematis tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika, dan (3) selfregulated learning dan disposisi matematis secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Self-Regulated Learning, Disposisi Matematis, Hasil Belajar Matematika | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:24 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 08:24 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14365 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |