Implementasi metode mimicry-memorization (mim-mem method) dalam penguasaan mufradat di Mts Nurul Islam Krapyak kota Pekalongan

Istianah, Rofiatul (2020) Implementasi metode mimicry-memorization (mim-mem method) dalam penguasaan mufradat di Mts Nurul Islam Krapyak kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Berdasarkan observasi awal penulis di sekolah MTs Nurul Islam. Penerapan metode Mim-Mem sudah pernah diterapkan. Akan tetapi, pada proses pembelajarannya guru belum mengenal betul istilah atau penamaan metode yang digunakan. Guru sering meminta siswa untuk mengucapkan kembali kosakata yang telah dilafalkan oleh guru. Seperti telah diketahui bahwa bahasa Arab bahasa asing yang bahasanya tidak digunakan pada keseharian. Maka sulit bagi siswa untuk mengingat ataupun menghafal kosakata-kosakata baru. Oleh karena itu, penulis tertarik menggunakan metode ini untuk penerapan mufradat (kosakata) pada siswa di MTs Nurul Islam agar menguasai kosakata pada pembelajaran bahasa Arab. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis meneliti tentang bagaimana implementasi metode mim-mem (mimicry-memorization)dalam penguasaan mufradat kelas VII MTs Nurul Islam Krapyak Kota Pekalongan?. Dan bagaimana faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi metode mim-mem (mimicry-memorization) dalam penguasaan mufradat kelas VII MTs Nurul Islam Krapyak Kota Pekalongan?. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, untuk menganalisis dan mendeskripsikan data-data langsung yang berbentuk lisan maupun tulisan, sehingga untuk memudahkan dalam pengambilan data mengenai implementasi metode Mimicry-Memorization.Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan untuk metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metodeMimicry-Memorization dalam penguasaanMufradat pada pembelajaran Bahasa Arab kelas VII MTs Nurul Islam Krapyak Kota Pekalongan meliputi: persiapan guru dalam menggunakan metodeMimicry-Memorization, pelaksanaan metode Mimicry-Memorization, dan evaluasi.Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan metode Mimicry-Memorization dalam penguasaan Mufradat pada pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Nurul Islam Krapyak Kota Pekalonganadalah: 1) Semangat, 2) MinatSiswadan 3) Kamus Bahasa Arab padaPerpustakaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAli, JauharUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Pembelajaran Mufradat, Metode Mimicry-Memorization
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Jun 2021 01:59
Last Modified: 10 Jun 2021 01:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1437

Actions (login required)

View Item View Item