Implementasi metode hafalan mufradat dalam pembelajaran maharah kalam di Mts Ma’arif NU Sragi Pekalongan

Farida, Ilya (2020) Implementasi metode hafalan mufradat dalam pembelajaran maharah kalam di Mts Ma’arif NU Sragi Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Hafalan mufradat adalah salah satu unsur bahasa yang memiliki peranan penting. Karena hafalan mufradat sebagai modal awal bagi siswa dalam mempelajari bahasa asing, yang dalam hal ini merupakan bahasa Arab. dengan bekal mufradat yang sedikit akan menyulitkan siswa dalam belajar bahasa Arab dan memahami materi bahasa Arab dan juga akan kesulitan dalam keterampilan berbahasa, seperti berbicara, membaca, menyimak dan menulis. Dalam keterampilan berbahasa mufradat yaitu dasar yang berperan penting untuk memahami empat keterampilan berbahasa. Empat keterampilan berbahasa sangat penting dalm pembelajaran bahasa Arab salah satunya yaitu keterampilan berbicara (maharah kalam) terutama pada muhadasah. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimana implemetasi metode hafalan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan ?, dan Apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode hafalan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan? . Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui implementasi metode hafalan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan, dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode hafalan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field Research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan sumber datanya adalah data primer dan sekunder. Adapun data primer adalah guru bahasa Arab, dan data sekundernya adalah kepala sekolah, dan siswa MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan, teknik analisis data yang digunakan adalah deskripstif kualitatif. Metode ini yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripstif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa menghafal mufradat dalam maharah kalam bahasa Arab pada kelas VIIIA di MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan, yaitu tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi. Bahwa menghafal mufadat pada kelas VIIIA di MTs Ma’arif NU Sragi sudah dikatakan baik. Hal itu dibuktikan dengan hasil nilai hafalan mufradat tersebut nilai rata-rata siswa yaitu 80-100 dikatakan sangat baik, 70-80 dikatakan baik, 50-70 dikatakan cukup, 50 kebawah dikatakan kurang baik. Sedangkan nilai hafalan mufradat bahasa Arab pada siswa kelas VIII A MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan mayoritas diatas 70. Jadi penguasaan mufradat bahasa Arab pada siswa sudah bagus, dan mudah untuk pembelajaran bahasa Arab khususnya juga pada maharah kalam. Sedangkan implementasi metode hafalan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan yaitu mufradat berperan penting untuk pengucapan kata, untuk mendapatkan makna kata dan membuat kalimat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathudin, Ahmad UbaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Hafalan Mufradat, Maharah Kalam
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:09
Last Modified: 10 Jun 2021 02:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1438

Actions (login required)

View Item View Item