Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Pembuatan Peta Indonesia Dari Limbah Kertas Di Sd Muhammadiyah Kebagusan Pemalang

Khasani, Sofyan (2025) Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Pembuatan Peta Indonesia Dari Limbah Kertas Di Sd Muhammadiyah Kebagusan Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320158_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320158_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2320158_Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Khasani, Sofyan. 2025. Implementasi PJBL Berbasis Limbah Kertas Dalan Pembelajaran IPAS Kelas V di SD Muhammadiyah. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : H. Mohamad Yasin Abidin, M.Pd Kata Kunci : Project Based Learning, Limbah Kertas, Peta Indonesia, IPAS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pendekatan konseptual dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar, yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi secara nyata dan mendalam. Di sisi lain, banyaknya limbah kertas di lingkungan sekolah menjadi peluang untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Model Project Based Learning (PJBL) menjadi alternatif pembelajaran yang inovatif dan kontekstual. Dengan mengintegrasikan PJBL dan pemanfaatan limbah kertas, pembelajaran IPAS menjadi lebih bermakna, menyenangkan, dan mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi model Project Based Learning (PJBL) pembuatan peta Indonesia dari limbah kertas di SD Muhammadiyah Kebagusan Pemalang, serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model PJBL dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi implementasinya dalam konteks pembelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelas V dan siswa di SD Muhammadiyah Kebagusan. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PjBL dalam pembuatan peta Indonesia dengan memanfaatkan limbah kertas berjalan efektif. Siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran mulai dari perencanaan hingga presentasi hasil proyek. Faktor pendukung meliputi antusiasme siswa, kemudahan memperoleh bahan, dan dukungan dari guru serta sekolah. Sementara itu, faktor penghambat yang ditemui antara lain keterbatasan waktu, kendala teknis dalam pembuatan media, serta partisipasi siswa yang belum merata. Secara keseluruhan, model PJBL terbukti mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi, kreativitas, serta pemahaman konsep IPAS siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, Mohamad YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Limbah Kertas, Peta Indonesia, IPAS
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:22
Last Modified: 16 Jul 2025 02:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14383

Actions (login required)

View Item View Item