Saifurrohman, Ahmad (2025) Implementasi Manajemen Kelas Berbasis Diferensiasi dalam Pembelajaran IPAS di MII Legokgunung Kecamatan Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2319204_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (981kB) |
![]() |
Text
2319204_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2319204_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran IPAS menuntut pemahaman konsep yang mendalam dan kemampuan berpikir kritis, namun dalam praktiknya guru menghadapi tantangan karena perbedaan kemampuan dan latar belakang siswa. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi menjadi solusi yang relevan, tetapi keberhasilannya sangat bergantung pada manajemen kelas yang efektif. Di madrasah seperti MII Legokgunung, telah dilakukan upaya menerapkan strategi diferensiasi, namun masih ditemukan kendala seperti keterbatasan pelatihan guru dan sumber daya pendukung. Kajian mengenai manajemen kelas berbasis diferensiasi di lingkungan madrasah masih terbatas, padahal konteks dan karakteristiknya unik serta potensial untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi manajemen kelas berbasis diferensiasi dalam pembelajaran IPAS di MII Legokgunung Kecamatan Wonopringgo? dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambatnya?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi manajemen kelas berbasis diferensiasi dalam pembelajaran IPAS di MII Legokgunung Kecamatan Wonopringgo dan untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara guru kelas IV dan satu guru kelas V, serta observasi di MII Legokgunung. Data sekunder diperoleh dari hasil wawancara siswa kelas IV dan Kelas V, serta dokumentasi berbagai sumber yang relevan dengan penelitian ini. Keabsahan data divalidasi melalui triangulasi teknik yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan serta melalui triangulasi sumber yaitu guru kelas IV, guru kelas V, dan siswa kelas IV dan V. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk menarik kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi manajemen kelas berbasis diferensiasi dalam pembelajaran IPAS di MII Legokgunung telah berjalan efektif dan menyeluruh, mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi yang berorientasi pada kebutuhan dan karakteristik siswa; dan 2) Keberhasilan implementasi ini didukung oleh kebijakan madrasah, kompetensi guru, serta lingkungan belajar yang mendukung, meskipun masih terdapat hambatan seperti ketidaksiapan siswa dan keterbatasan waktu guru yang diatasi melalui bimbingan, tutor sebaya, serta kolaborasi dalam forum KKG.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kelas, Berdiferensiasi, Pembelajaran IPAS. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 06:34 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 06:34 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |