Khayati, Khamali (2025) Pelaksanaan Bimbingan Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Aswaja Pada Siswa Mts Salafiyah Nu Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3519056_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3519056_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
3519056_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Maraknya arus radikalisasi yang mulai masuk ke dalam lembaga pendidikan membuat MTs Salafiyah NU Karanganyar senantiasa berupaya lebih besar dalam menanamkan nilai-nilai Aswaja pada setiap siswa sebagai bentuk pencegahan agar paham radikalisme tidak menyebar terlalu masif di kalangan siswa. Terlebih lagi, tidak semua siswa hidup di lingkungan yang kental akan ajaran dan amaliah NU. Oleh karena itu, MTs Salafiyah NU Karanganyar menerapkan beberapa metode bimbingan Islam dalam menanamkan nilai-nilai Aswaja pada setiap siswa. Rumusan penelitian ini ada dua yaitu bagaimana nilai-nilai Aswaja pada siswa MTs Salafiyah NU Karanganyar. Selanjutnya, bagaimana pelaksanaan bimbingan Islam dalam menanamkan nilainilai Aswaja pada siswa MTs Salafiyah NU Karanganyar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana nilai-nilai Aswaja yang dimiliki siswa MTs Salafiyah NU Karanganyar baik sebelum dan sesudah proses bimbingan Islam. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif jenis penelitian lapangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber yang diwawancarai yaitu meliputi siswa dan guru MTs Salafiyah NU Karanganyar. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa nilai-nilai Aswaja siswa MTs Salafiyah NU Karanganyar berangsur meningkat setelah adanya komitmen dan konsistensi selama proses bimbingan Islam. Meskipun tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa siswa yang belum maksimal dalam menginternalisasikan nilai-nilai Aswaja dalam kehidupan sehari-hari. Proses bimbingan Islam dilakukan secara kolektif dan individual karena nilai-nilai Aswaja seperti tasamuh,
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Islam, Nilai-nilai Aswaja, dan Siswa MTs Salafiyah NU Karanganyar | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:28 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:28 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14390 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |