Arsyadani, Rijal Salma (2025) Teacher's strategies in implementing multimodal listening and speaking (MLS) through narrative-based material for senior high school. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
| 
              
Text
 2521016_Bab I dan Bab V.pdf Download (3MB)  | 
          |
| 
              
Text
 2521016_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB)  | 
          |
| 
              
Text
 2521016_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB)  | 
          
Abstract
Menguasai keterampilan komunikasi lisan, khususnya menyimak dan berbicara, merupakan hal mendasar bagi pembelajar bahasa. Namun, metode pengajaran tradisional sering kali gagal melibatkan siswa SMA di Indonesia secara efektif, sehingga interaksi otentik terbatas dan kecemasan berbahasa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran menyimak dan berbicara berbasis multimodal untuk mengajarkan teks naratif kepada siswa SMA. Fokusnya adalah pada penerapan strategi multimodal oleh guru dalam pengajaran menyimak dan berbicara menggunakan teks naratif. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di salah satu SMA di Pekalongan, Jawa Tengah. Partisipan merupakan seorang guru Bahasa Inggris dengan pengalaman mengajar lebih dari sepuluh tahun, yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan perannya yang aktif dalam mengajarkan keterampilan lisan dan penguasaan terhadap strategi multimodal. Data dikumpulkan melalui observasi kelas dan wawancara semi-terstruktur untuk menggali pengalaman guru dalam mengimplementasikan kegiatan multimodal. Data dianalisis menggunakan pendekatan analisis tematik induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memanfaatkan berbagai media seperti video interaktif, cerita bergambar, dan platform digital untuk mendukung pemahaman siswa terhadap teks naratif serta meningkatkan performa mereka dalam bercerita secara lisan. Guru juga menunjukkan kemampuan adaptasi dengan menyesuaikan pendekatan pengajaran sesuai dengan preferensi belajar siswa, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan bermakna. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi guru Bahasa Inggris, pengembang kurikulum, dan pengambil kebijakan. Temuan ini dapat digunakan untuk merancang program pelatihan guru yang mendorong integrasi sumber daya multimodal dan aktivitas berbasis naratif dalam praktik kelas.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: | 
  | 
        ||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Multimodal Listening and speaking, narrative text, teacher's action, english language teaching, senior high school students | ||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 16 Jul 2025 08:02 | ||||||||
| Last Modified: | 30 Oct 2025 03:40 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14392 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        