Afiana, Rizqina Zulfa (2020) Kesesuaian rpp dalam ketercapaian tujuanpembelajaran bahasa arab kelas ix di Mts YMI Wonopringgo kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis tentang kesesuaian RPP dalam pembelajaran Bahasa Arab. Ingin mengetahui apakah tujuan pembelajaran selalu dapat tercapai sesuai dengan rencana pelaksanaan pengajaran, dan factor pendukung serta penghambat tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian dilakukan di MTs YMI Wonopringgo, Adapun kesesuaian RPP dalam ketercapaian tujuan pembelajara adalah topik dari penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kesesuaian RPP dalam ketercapaian tujuan pembelajaran bahasa Arab kelas IX di MTs YMI Wonopringgo? Apa faktor yang mendukung dan menghambat ketercapaian tujuan pembelajaran bahasa arab yang sesuai dengan RPP kelas IX di MTs YMI Wonopringgo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian RPP dengan ketercapaian tujuannya dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IX di MTs YMI Wonopringgo, untuk mengetahui faktor –faktor yang mendukung dan menghambat tercapainya tujuan pembelajaran bahasa Arab kelas IX di MTs YMI Wonopringgo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan pendekatannya adalah kualitatif yaitu suatu pendekatan dalam penelitian yang menekankan analisisnya pada penarikan kesimpulan dengan pernyataan. Metode atau teknik pengumpulan datamenggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber datanya adalah Rencana Pelaksanaaan Pembelajaran (RPP), Guru dan siswa. Teknik analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan melakukan analisis interaktifyaitu mengamati objek penelitian dan menganalisis data terkait rumusan masalah. Hasil penelitian diperoleh dari data dari tujuan pembelajaran yang dicantumkan dalam RPP dan nilai capaian pembelajaran dari siswa yang dilihat melalui tugas harian, dan ulangan harian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran sudah baik sesuai dengan encana pelaksanaan pembelajaran, ketercapaian tujuan pembelajaran yang dirumuskan pada RPP dapat dikatakan telah tercapai meskipun terdapat sedikit anak yang nilainya masih rendah, adapun factor pendukung tercapainya tujuan pembelajaran: ketersediaan buku paket untuk siswa, media pembelajaran, dan partisipasi aktif dari siswa. Sedangkan faktor penghambat tercapainya tujuan pembelajaran, yaitu: kurangnya waktu pembelajaran, kurangnya buku paket siswa karena jumlah siswa yang semakin banyak, input siswa dan latar belakang siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | RPP,Tujuan, PembelajaranBahasa Arab | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jun 2021 02:27 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jun 2021 02:27 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1440 |
Actions (login required)
View Item |