Maulida, Kholisna (2025) Pelaksanaan Penguatan Karakter Sopan Santun Melalui Pembiasaan Bahasa Jawa Krama Pada Anak Usia Dini Di Tarbiyatul Athfal Az Zahra Rifaiyah Bojongminggir. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2421072_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2421072_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2421072_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bahasa Jawa krama merupakan bahasa terbaik di Jawa yang memiliki nilai dan status yang tinggi. Bahasa Jawa krama mampu menjadi alternatif bagi guru untuk mendorong pengembangan karakter santun anak usia dini. TA Az Zahra Rifaiyah Bojongminggir telah menerapkan penguatan karakter sopan santun melalui pembiasaan bahasa jawa krama. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan penguatan karakter sopan santun melalui pembiasaan bahasa jawa krama pada anak usia dini di TA Az Zahra Rifaiyah Bojongminggir? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan penguatan karakter sopan santun melalui pembiasaan bahasa jawa krama pada anak usia dini di TA Az Zahra Rifaiyah Bojongminggir?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan penguatan karakter sopan santun melalui pembiasaan bahasa jawa krama pada anak usia dini di TA Az Zahra Rifaiyah Bojongminggir dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan penguatan karakter sopan santun melalui pembiasaan bahasa jawa krama pada anak usia dini di TA Az Zahra Rifaiyah Bojongminggir. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penguatan karakter sopan santun melalui pembiasaan bahasa Jawa Krama di TA Az Zahra Rifaiyah Bojong mencakup perencanaan melalui penyusunan prosem, RPPM, dan RPPH; pelaksanaan berupa kegiatan sapaan, bernyanyi, praktik kosakata, dan interaksi antaranak dengan penggunaan bahasa Jawa Krama; serta evaluasi melalui observasi respon anak dengan penilaian checklist dan catatan anekdot. Faktor pendukung meliputi guru yang kompeten dan dukungan orang tua, sedangkan faktor penghambatnya adalah minimnya penggunaan bahasa Jawa Krama di lingkungan sehari-hari serta karakter dan daya konsentrasi anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Sopan Santun, Bahasa Jawa, Anak Usia Dini | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:37 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:37 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14418 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |