Peran pembelajaran mufrodat bahasa arab dalam memudahkan hafalan al-qur’an santri di pondok pesantren Al Falah Salafi Jatirokeh Songgom Brebes

Ulfah, Ika Setiya (2020) Peran pembelajaran mufrodat bahasa arab dalam memudahkan hafalan al-qur’an santri di pondok pesantren Al Falah Salafi Jatirokeh Songgom Brebes. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dalam menghafal sesuatu tentunya kita akan lebih mudah untuk mengingat dan menghafal apabila kita mengerti dan memahami arti ataupun makna dari apa yang kita hafalkan. Kemudahan menghafal al-Qur'an dipengaruhi oleh berbagai hal, diantaranya adalah pemahaman tentang arti dan makna dari ayat al-Qur'an yang menggunakan bahasa Arab.Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran mufrodat bahasa Arab karena dapat membantu santri mengetahui dan mengungkapkan serta menerjemahkan makna-makna dari ayat al-Qur’an. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa penting dan berpengaruhnya peran pembelajaran mufrodat bahasa Arab dalam memudahkan hafalan al-Qur'an.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di pondok pesantren Al Falah Salafi Jatirokeh Songgom Brebes.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan sumber datanya adalah ustadz bahasa Arab, santriTahfidz, dan ustadzah tahfidz. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa pembelajaran mufrodat bahasa Arab santri di Pondok Pesantren Al Falah SalafiJatirokeh Songgom Brebes sudah baik. Hal ini bias dilihat dari proses pembelajaran mufrodat bahasa Arab dan dari nilai evaluasi yang menyatakan bahwa lebih banyak santri yang mendapat nilai diatas rata-rata dibandingkan dengan santri yang mendapat nilai dibawah rata-rata. Hafalan al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Al Falah Salafi Jatirokeh Songgom Brebes sudah baik. Hal ini bias dilihat dari nilai rata-rata kelancaran dan ketrampilan hafalan santri yang menyatakan bahwa 60% santri berpredikat B dan 40% berpredikat C dengan pencapaian hafalan 7 santri hafal 2 juzdan 3 santri hafal 3 juz. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran pembelajaran mufrodat bahasa Arab dalam memudahkan hafalan al-Qur’an di Pondok Pesantren Al Falah Salafi Jatirokeh Songgom Brebes sangatlah penting.Terutama dalam hal menerangkan, memaknai da nmemahami isi kandungan al-Qur’an sesuai dengan bahasa al-Qur’an itu sendiri.Lewat mempelajari bahasa Arab inilah santri dapat mengetahui bagaimana mengungkapkan dan menerjemahkan makna-maknanya sehingga mudah untuk dipahami dan dihafalkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatkhudin, Ahmad UbaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pembelajaran mufrodat bahasa Arab, hafalan al-Qur'an, peran pembelajaran terhadap hafalan.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:54
Last Modified: 10 Jun 2021 02:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1442

Actions (login required)

View Item View Item