Analisis rendahnya minat belajar bahasa arab di MA YMI Wonopringgo

Fauziyyah, Faatin (2025) Analisis rendahnya minat belajar bahasa arab di MA YMI Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221016_COVER_BAB I DAN BAB Vpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2221016_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2221016_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab bertujuan untuk membekali peserta didik dengan empat keterampilan dasar berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Namun pada kenyataannya, peserta didik di MA YMI Wonopringgo masih menganggap bahasa Arab sebagai bahasa asing yang sulit dan membosankan. Sebagian besar siswa berasal dari latar belakang sekolah umum (SMP) yang belum pernah mendapatkan pelajaran bahasa Arab sebelumnya, sehingga mengalami banyak kesulitan dalam memahami materi. Rendahnya partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran menjadi salah satu indikator kurangnya minat belajar terhadap mata pelajaran ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana rendahnya minat belajar bahasa Arab peserta didik di MA YMI Wonopringgo?, bagaimanaifaktor-faktoriyangimempengaruhi rendahnya minat belajar bahasa Arab peserta didik di MA YMI Wonopringgo? Dan bagaimana kesulitan belajar bahasa Arab peserta didik di MA YMI Wonopringgo?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rendahnya minat belajar bahasa Arab peserta didik di MA YMI Wonopringgo, untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar bahasa Arabi peserta didik diiMAiYMI Wonopringgo serta untuk mendeskripsikan kesulitan belajar bahasa Arab peserta didik di MA YMI Wonopringgo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan mixed methods, yaitu kombinasi antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa melalui penyebaran angket, sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk menggali faktor-faktor penyebab rendahnya minat dan kesulitan yang dialami siswa melalui wawancara dan observasi. Model analisis data yang digunakan adalah model analisis statistik deskriptif dan model analisis Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data (data reducation), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (conclution drawing). Hasil dari penelitian analisis rendahnya minat belajar bahasa Arab di MA YMI Wonopringgo dapat disimpulkan bahwa minat belajar peserta didik tergolong rendah, dengan rata-rata skor sebesar 2,2 pada skala likert. Faktor internal seperti anggapan bahwa bahasa Arab sulit, kurang percaya diri, dan tidak suka hafalan turut memengaruhi rendahnya minat belajar siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi metode pembelajaran yang monoton, kurangnya media pendukung, serta latar belakang pendidikan siswa yang belum memiliki dasar bahasa Arab. Kesulitan yang dihadapi siswa meliputi menghafal mufrodat, memahami struktur kalimat, serta belajar nahwu dan sharaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh. NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, faktor-faktor penyebab, kesulitan belajar
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 03 Nov 2025 03:03
Last Modified: 03 Nov 2025 03:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14432

Actions (login required)

View Item View Item