Kasih, Elok (2020) Pengaruh pembelajaran nahwu shorof intensif terhadap mahᾹrah qirᾹahsiswa kelas viii Mts Mahir Watusalam Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (6MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penguasaan ilmu tata bahasa Arab akan mempengaruhi keberhasilan dalam memahami teks bacaan khususnya pada penguasaan mahārah qirāah (keterampilan membaca) bahasa Arab. Diperlukan adanya pembelajaran ilmu tata bahasa yaitu nahwu shorof secara intesif atau terus menerus guna memaksimalkan tujuan pembelajaran. Berbeda dengan Madrasah yang lainnya, MTs Mahir Watusalam Buaran Pekalongan menerapkan program pembelajaran nahwu shorof intensif setiap pagi hari. Tentunya dengan adanya pembelajaran nahwu shorof intensif akan lebih membantu siswa dalam memperoleh nilai yang maksimal dalam memahami kaidah-kaidah bahasa Arab serta penguasaan empat keterampilan berbahasa Arab terutama penguasaan mahārah qirāah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Nahwu Shorof Intensif di MTs Mahir Watusalam Buaran Pekalongan?. (2) Seberapa baik penguasaan kemampuan mahārah qirāah siswa kelas VIII MTs Mahir Watusalam Buaran Pekalongan?. (3) Seberapa pengaruh dari hasil pembelajaran Nahwu Shorof Intensif terhadap mahārah qirāah siswa kelas VIII MTs Mahir Watusalam Buaran Pekalongan?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian kelas VIII dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis statistik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran nahwu shorof intensif di Mts Mahir Watusalam berlangsung setiap pagi hari sebelum jam Kegiatan Belajar Mengajar dimulai dengan durasi waktu sekitar satu jam tiga puluh menit dengan proses pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga kegiatan evaluasi. Metode yang digunakan selama pembelajaran nahwu shorof intensif menggunakan metode deduktif. Penguasaan mahārah qirāah siswa kelas VIII pada prosentase 52% siswa berada dalam kategori baik. Hasil pembelajaran nahwu shorof berpengaruh signifikan terhadap mahārah qirāah siswa dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung 4,331 > ttabel 0,025 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Pengaruhnya sebesarr 33% dilihat dari nilai koefisien determinasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | : Pembelajaran Intensif, Nahwu Shorof, Mahārah Qirāah. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jun 2021 03:06 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jun 2021 03:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1444 |
Actions (login required)
View Item |