Kusumawardi, Diva Putri (2025) Students’ Experiences In Learning English Vocabulary Through “English With Lucy” Youtube Channel. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2521062_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (933kB) |
![]() |
Text
2521062_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2521062_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
Abstract
Pembelajaran kosakata merupakan cara yang dapat membantu siswa untuk memperoleh sebanyak mungkin kata yang mereka bisa dan pada akhirnya menjadi fasih dalam bahasa tersebut (Martinez et al., 2024). Menonton video bahasa Inggris di YouTube dapat menjadi cara yang berguna untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris (Al-Mosawi & Ma, 2017). Channel YouTube English with Lucy menjadi salah satu channel YouTube yang menyediakan banyak topik yang menjelaskan tentang kemampuan berbahasa, khususnya memperoleh kosakata bahasa Inggris (Octaberlina, 2023). Meskipun demikian, masih sedikit penelitian yang secara khusus mengkaji bagaimana pengalaman mahasiswa EFL terhadap channel YouTube English with Lucy, terutama dalam konteks belajar kosakata bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman siswa dalam belajar kosakata bahasa Inggris melalui channel YouTube English with Lucy, dengan menggunakan teori Appraisal dari Martin and White (2005), khususnya pada aspek affect ‘emosi’. Data dikumpulkan melalui wawancara semiterstruktur dengan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dari salah satu universitas di Pekalongan. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasakan emosi positif seperti percaya diri, senang, nyaman, dan termotivasi. Hal ini disebabkan oleh cara penyampaian Lucy yang jelas, menarik, dan mudah dipahami, serta fleksibilitas YouTube yang bisa diakses kapan saja sesuai kebutuhan siswa. Namun, beberapa siswa juga mengalami emosi negatif seperti frustrasi dan cemas, terutama karena koneksi internet yang buruk atau tidak bisa bertanya langsung saat kebingungan. Penelitian ini penting karena dapat memberikan wawasan tentang sejauh mana Canva mampu mendukung motivasi, keterlibatan, dan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kosakata, English with Lucy, Pengalaman Mahasiswa | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 06:45 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 06:45 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14450 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |