Implementasi metode bermain peran (tharīqah at-tamṠīl) dalam pembelajaran maharah al kalām pada siswa kelas viii program unggulan bahasa arab di SMP Islam Ymi Wonopringgo Tahun Pelajaran 2019/2020

Hasanah, Aftinal (2019) Implementasi metode bermain peran (tharīqah at-tamṠīl) dalam pembelajaran maharah al kalām pada siswa kelas viii program unggulan bahasa arab di SMP Islam Ymi Wonopringgo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Arab, mahārah al-kalām merupakans alah satu keterampilan berbahasa yang hendak dicapai dalam pengajaran bahasa modern. Belajar berbahasa tentunya tidak bisa secara pasif atau sekedar mendengarkan bunyi-bunyi bahasa Arab saja, melainkan dibutuhkan wujud konkret penggunaan bahasa tersebut sehingga siswa mampu mengucapkan kata-kata maupun ungkapan-ungkapan dalam bahasa Arab. Pada kenyataannya di kelas VIII program unggulan bahasa Arab di SMP Islam YMIbeberapa siswa masih mengalami kesulitan seperti kesulitan mengungkapkan gagasan secara lisan, kesulitan menggunakan simbol-simbol kata dalam bahasa Arab, kurang percaya diri untuk menggunakan bahasa Arab karena ketakutan akan kesalahan kata maupun ucap secara gramatika bahasanya, dan kurang motivasi untuk mau berbicara bahasa Arab.Metode bermain peran (tharīqah at-tamṡīl)merupakan cara yang dilakukan oleh guru di SMP Islam YMI dalam pembelajaran mahārah al-kalām siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahannya yaitu: (1) Bagaimana implementasi metode bermain peran (tharīqah at-tamṡīl) dalam pembelajaran mahārah al-kalām padasiswa kelas VIII program unggulan bahasa Arab di SMP Islam YMI Wonopringgo? (2) Apa kelebihan dan kekurangan metode bermain peran(tharīqah at-tamṡīl)dalam pembelajaran mahārah al-kalām pada siswakelas VIII program unggulan bahasa Arab di SMP Islam YMI Wonopringgo?.Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode bermain peran(tharīqah at-tamṡīl)dalam pembelajaran mahārah al-kalām pada siswa kelas VIII program unggulan bahasa Arab di SMP Islam YMI Wonopringgo (2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode bermain peran(tharīqah at-tamṡīl)dalam pembelajaran mahārah al-kalām pada siswa kelas VIII program unggulan bahasa Arab di SMP Islam YMI Wonopringgo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian field research. Sumber data yang digunakan berupa sumber data primer yakni guru dan siswa serta sumber data sekunder yakni kepala sekolah dan referensit erkait. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan tahapan:reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran (tharīqah at-tamṡīl) dalam pembelajaran mahārah al-kalām pada siswa kelas VIII program unggulan bahasa Arab di SMP Islam YMI Wonopringgo sudahbaik. Melalui metode bermain peran (tharīqah at-tamṡīl) pembelajaran berjalan aktif karena seluruh siswa terlibat. Hasil positif dari penerapan metode bermain peran lainnya yakni terasahnya keterampilan kebahasaan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan; siswa lebih aktif menggunakan bahasa Arab, siswa lebih berani berbicara menggunakan bahasa Arab, siswa memiliki lebih banyak kosakata, serta siswa lebih fasih melafalkan kalimat-kalimat bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran (Tharīqah At-Tamṡīl), pembelajaran Mahārah Al-Kalām.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:34
Last Modified: 08 Feb 2023 07:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1446

Actions (login required)

View Item View Item