Exploring the Reasons Behind the Absence of English at Elementary School

Aisyah, Siti (2025) Exploring the Reasons Behind the Absence of English at Elementary School. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2521085_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2521085_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2521085_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Penelitian dengan metode studi kasus kualitatif ini menyelidiki faktor-faktor yang berkontribusi terhadap ketiadaan pengajaran Bahasa Inggris di SD Negeri 07 Kedungwuni dan mengkaji persepsi kepala sekolah terkait situasi ini. Dengan menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) untuk menganalisis faktor-faktor implementasi dan Teori Penilaian (Appraisal Theory) Martin & White untuk menafsirkan pengalaman subjektif kepala sekolah, penelitian ini menemukan bahwa tidak adanya implementasi Bahasa Inggris disebabkan oleh interaksi kompleks antara kendala input dan proses yang pragmatis serta reaktif. Kekurangan input yang parah, termasuk minimnya guru Bahasa Inggris yang berkualitas, pendanaan, dan materi, membentuk pengambilan keputusan di sekolah. Persepsi kepala sekolah mengungkapkan perpaduan antara Afek (kecemasan terhadap siswa dan rasa ketidakberdayaan akibat keterbatasan sumber daya), Penilaian (penilaian realistis terhadap ketidakmampuan sekolah), dan Apresiasi (penghargaan tinggi terhadap pentingnya Bahasa Inggris secara global). Hal ini menunjukkan bahwa ketiadaan Bahasa Inggris adalah konsekuensi enggan dari kendala yang berat daripada penolakan terhadap nilai mata pelajaran tersebut, menggarisbawahi kebutuhan kritis akan alokasi sumber daya yang ditargetkan dan dukungan kebijakan strategis di lingkungan dengan keterbatasan sumber daya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGhufron, M. AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Inggris, Pendidikan Dasar, Kurikulum Merdeka, Model CIPP, Persepsi Kepala Sekolah, Implementasi Kurikulum
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:54
Last Modified: 17 Jul 2025 03:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14493

Actions (login required)

View Item View Item