Afianti, Tri (2025) Implementasi ekstrakurikuler drumband dalam membangun sikap kekompakan antar siswa di MI Salafiyah Kalirandu Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2320137_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2320137_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter di era milenial, di mana pembentukan sikap seperti kedisiplinan, kerja sama, kejujuran, tanggung jawab, dan kekompakan menjadi sangat relevan untuk diinternalisasikan pada anak-anak melalui kegiatan yang mereka sukai, seperti drumband. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah memiliki peran penting dalam mengembangkan potensi, bakat, dan karakter siswa di luar pembelajaran formal. Salah satu kegiatan yang banyak diminati adalah drumband, yang tidak hanya berfungsi sebagai wadah pengembangan seni dan bakat musik, tetapi juga sebagai sarana pembentukan sikap disiplin, tanggung jawab, dan kerja sama antar siswa. Melalui latihan bersama, pembagian peran, dan penampilan kelompok, drumband dapat menumbuhkan sikap kekompakan, solidaritas, serta semangat kebersamaan di antara anggotanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana implementasi ekstrakurikuler drumband di MI Salafiyah Kalirandu dalam membangun sikap kekompakan antar siswa, dan Apa faktor pendukung dan penghambat impelementasi ekstrakurikuler drumband di MI Salafiyah Kalirandu dalam membangun sikap kekompakan antar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari MI Salafiyah Kalirandu dan data sekunder seperti jurnal dan referensi buku dan lain sebagainya. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler drumband di MI Salafiyah Kalirandu Pemalang berjalan sesuai program kerja sekolah dan berfokus pada pembentukan nilai-nilai karakter, khususnya kekompakan, disiplin, tanggung jawab, kejujuran, dan komunikasi. Proses pelatihan melibatkan pembagian peran, latihan kelompok, monitoring, serta evaluasi rutin oleh kepala sekolah, pembina, dan pelatih. Faktor pendukung utama kegiatan ini adalah kerja sama antara pihak sekolah, guru pembimbing, pelatih, dan dukungan orang tua, sementara kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan sarana prasarana dan fluktuasi kehadiran siswa. Secara keseluruhan, implementasi ekstrakurikuler drumband efektif dalam menumbuhkan sikap kekompakan dan membangun karakter positif antar siswa, serta menjadi media pengembangan bakat dan minat di bidang seni musik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler, drumband, kekompakan siswa | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 06:14 | ||||||||
| Last Modified: | 21 Oct 2025 06:17 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14507 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
