Aisyah, Siti (2020) Penerapan metode bercerita melalui media gambar pada mata pelajaran PAI dalam membentuk karakter islami siswa kelas 2 di SD Negeri Salakbrojo Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Kegiatan pembelajaran di sekolah tidak lepas dari adanya metode dan media, dua hal tersebut membantu jalannya proses pembelajaran seperti halnya penerapan metode bercerita melalui media gambar pada mata pelajaran PAI dalam membentuk karakter islami siswa kelas 2 di SD Negeri Salakbrojo Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Sebelumnya sudah di terapkan metode cerita tetapi tidak menggunakan media gambar hasilnya siswa menjadi bosan dan mengganggu teman sebayanya yang sedang memperhatikan pelajaran, dengan menggunakan media gambar diharapkan siswa dapat mengerti apa yang disampaikan oleh guru dan nantinya siswa itu sendiri tergerak untuk melakukan perbuatan yang baik yang ada di dalam gambar tersebut, tanpa disadari akan membentuk karakter islami. Penelitian ini mengajukan permasalahan tentang bagaimana penerapan metode bercerita melalui media gambar pada mata pelajaran PAI dalam membentuk karakter islami siswa kelas 2 dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat Penerapan metode bercerita melalui media gambar pada mata pelajaran PAI dalam membentuk karakter islami siswa kelas 2 di SD Negeri Salakbrojo Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode berceriita melalui media gambar pada mata pelajaran PAI dalam membentuk karakter islami siswa kelas 2 di SD Negeri Salakbrojo Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan adanya antusias siswa terhadap kegiatan pembelajaran dari yang sebelumnya. Faktor pendukungnya adanya kerjasama antar guru dengan siswa dalam proses belajar seperti memberi nasehat, adanya media yang digunakan dalam proses belajar mengajar seperti media gambar, adanya kerjasama guru dan orang tua untuk membentuk karakter islami siswa dirumah seperti pembiasaan melakukan hal-hal terpuji. Faktor penghambatnya semangat siswa saat mendengarkan cerita seperti sikap siswa yang kurang semangat saat mendengarkan cerita, ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar seperti ukuran A4, lingkungan tempat tinggal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Bercerita, Media Gambar, Pendidikan Agama Islam dan Karakter Islami Siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2021 02:29 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2021 02:29 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1453 |
Actions (login required)
View Item |