Visual Representation Of Environmental Education In The Seventh-Grade English Textbook “English For Nusantara”

Mumtahanah, Andira (2025) Visual Representation Of Environmental Education In The Seventh-Grade English Textbook “English For Nusantara”. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2521067_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2521067_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
2521067_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Meningkatnya urgensi krisis lingkungan menuntut intervensi pendidikan yang melampaui instruksi tekstual, terutama dalam konteks seperti Pengajaran Bahasa Inggris (ELT) di mana literasi visual sering kurang dimanfaatkan. Di Indonesia, buku teks Kelas VII Bahasa Inggris untuk Nusantara—yang disahkan secara nasional di bawah Kurikulum Merdeka—menawarkan kesempatan unik untuk mengintegrasikan pendidikan lingkungan (EE) dalam materi bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana pendidikan lingkungan direpresentasikan secara visual dalam buku teks ini, menggunakan Teori Tata Bahasa Visual Kress dan van Leeuwen (2006) dan enam tujuan EE dari UNESCO–UNEP Belgrade Charter (1976) sebagai kerangka kerja analitis. Pertanyaan penelitian utama mengeksplorasi bagaimana gambar dalam buku teks mencerminkan dan mendukung tujuan pendidikan lingkungan seperti kesadaran, pengetahuan, sikap, keterampilan, kemampuan evaluasi, dan partisipasi. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis dokumen, penelitian ini berfokus secara eksklusif pada 8 visual terpilih yang secara eksplisit atau implisit menggambarkan tema lingkungan. Visual-visual ini dianalisis untuk metafungsi representasional, interaktif, dan komposisinya, dan kemudian diselaraskan dengan tujuan EE. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun buku teks tidak secara gamblang memprioritaskan pendidikan lingkungan, beberapa gambar secara halus menyampaikan pesan ekologis melalui konteks, aktivitas karakter, tata ruang, dan simbol lingkungan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa elemen visual—yang sering kali diremehkan dalam evaluasi buku teks—dapat secara signifikan meningkatkan literasi lingkungan jika dirancang secara strategis. Penelitian ini berkontribusi pada studi literasi multimoda dalam ELT, menyediakan model yang dapat direplikasi untuk menganalisis visual dalam materi pendidikan, dan menawarkan wawasan praktis bagi para pendidik, pengembang kurikulum, dan pembuat kebijakan yang ingin meningkatkan integrasi EE. Penelitian ini menggarisbawahi peran visual tidak hanya sebagai elemen dekoratif, tetapi juga sebagai alat ideologis dan pedagogis yang mampu membentuk perspektif dan perilaku ekologis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHardini, IsrianiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Tata Bahasa Visual, Pendidikan Lingkungan Hidup, Buku Teks Bahasa Inggris
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2025 01:12
Last Modified: 17 Jul 2025 01:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14538

Actions (login required)

View Item View Item