Mahfiroh, Mahfiroh (2020) Pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran tematik dengan daring pada masa antisipasi penyebaran covid-19 di SD Muhammadiyah Kajen kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (30MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena merespon kondisi negara Indonesia yang sedang dilanda Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) yang Penyebarannya semakin meningkat sehingga dalam masa antisipasi Penyebaran Covid-19 di lingkungan Pendidikan dilakukanlah Pelaksanaan Pembelajaran dari Rumah, baik itu Peserta didik maupun para guru di sekolah.Berkenaan dengan kondisi tersebut yang mana siswa belajar dari rumah dan guru memberikan pembelajaran dengan daring, tentu mengharuskan adaptasi terhadap budaya belajar anak di masa pandemi ini, disisi lain guru juga dituntut untuk tetap menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran tematik dengan daring pada masa antisipasi penyebaran COVID-19 di SD Muhammadiyah Kajen kabupaten Pekalongan? 2. Apa kelebihan dan kekurangan pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran tematik dengan daring pada masa antisipasi penyebaran COVID-19 di SD Muhammadiyah Kajen kabupaten Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran tematik dengan daring pada masa antisipasi penyebaran COVID-19 di SD Muhammadiyah Kajen kabupaten Pekalongan. Dan 2. Untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran tematik dengan daring pada masa antisipasi penyebaran COVID-19 di SD Muhammadiyah Kajen kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SD Muhammadiyah Kajen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Tematik dengan Daring pada Masa Antisipasi Penyebaran Covid-19 di SD Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan menggunakan semua komponen-komponen yang bisa dimanfaatkan siswa dalam proses belajar, baik itu dari media, alat peraga, keterampilan dari sumber keluarga maupun lingkungan masyarakat. Sedangkan kelebihannya adalah efektivitas waktu dan tempatsehingga siswa dapat belajar kapanpun dan dimanapun, sedangkan kekurangannya adalah kurangnya pengetahuan sumber daya pembelajaran (guru, peserta didik, dan orang tua) terhadap penggunaan teknologi sehingga perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan manajemen pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Sumber Belajar, Daring, Masa Antisipasi Penyebaran Covid-19 | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2021 02:38 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2021 02:38 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1454 |
Actions (login required)
View Item |