Pengaruh motivasi belajar intrinsik dan self-regulated learning terhadap hasil belajar pada materi statistika siswa kelas xi di SMA Negeri 1 Bandar

Sarmadi, Eko Bagus Wibisono (2025) Pengaruh motivasi belajar intrinsik dan self-regulated learning terhadap hasil belajar pada materi statistika siswa kelas xi di SMA Negeri 1 Bandar. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2620052_Bab I dan Bab V.pdf

Download (954kB)
[img] Text
2620052_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2620052_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan antara lain untuk meninjau apakah motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada materi statistika siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar, untuk melihat apakah self-regulated learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada materi statistika siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar, untuk menjelaskan apakah motivasi belajar dan self-regulated learning siswa berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi statistika siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar, dan seberapa besar pengaruhnya.Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, kemudiansampel yang digunakan berjumlah 168 siswa, teknik pengumpulan data padapenelitian ini adalah menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji regresi linierbergandauntuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan hasil uji parsial, motivasi belajar intrinsik memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar materi statistika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar.Ditunjukkan dengan motivasi belajar intrinsik (X1) memperoleh hasil nilai probabilitas 0.001 < α (0,05). Maka H01 ditolak dan Ha1 diterima. Artinya variabel motivasi belajar intrinsik (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar (Y). Berdasarkan hasil uji parsial,self regulated learningtak memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajarmateri statistika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar.Ditunjukkan denganself regulated learning (X2) memperoleh hasil nilai probabilitas 0.368 > α (0,05). Maka H01 diterima dan Ha1 ditolak. Artinya variabel self regulated learning (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar (Y). Berdasarkan hasil uji simultan, motivasi belajar intrinsik danself regulated learningsecara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajarmateri statistika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar.Ditunjukkan dengannilaiprob. F statistic(0,000)<α (0,05) maka keputusannya H0 ditolak dan Ha diterima. Yang artinya variabelMotivasi Belajar Intrinsik(X1) dan Self Regulated Learning (X2) secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar (Y). Pada penelitian ini model regresimendapatkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,111. Hal ini berarti variabelmotivasi belajar intrinsik(X1) dan self regulated learning(X2) secara bersama-sama mampu menjelaskan variabel Hasil Belajar (Y) sebesar 11,1%. Sedangkan sisanya sebesar 88,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar intrinsik, self regulated learning, hasil belajar
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 07 Oct 2025 04:44
Last Modified: 07 Oct 2025 04:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14549

Actions (login required)

View Item View Item